Vaksinasi Drive Thru Sasar Warga Umum

VAKSINASI: Pengggunaan jalan di sekitar Bundaran GMS Gerung menerima vaksin Covid-19 yang digelar secara ‘drive thru’ kemarin. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG–Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lombok Barat membuka layanan vaksinasi Covid-19 lewat sistem drive thru untuk masyarakat umum di bundaran Giri Menang Square (HMS) Gerung, Senin (29/3).  Layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru ini dilaksanakan dalam rangka percepatan program vaksinasi di wilayah Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, bersama Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo dan Kepala Dinas Kesehatan Lobar, Hj. Made Ambaryati, turun langsung melakukan pengecekan. Pantauan koran ini di lapangan, para pengguna jalan yang datang dari arah Gerung diberhentikan oleh petugas untuk diarahkan masuk ke pintu tempat vaksinasi. Pengguna jalan ditawarkan untuk mengikuti vaksin yang sudah dibuka oleh Forkopimda Kabupaten Lombok Barat.

Warga pengguna jalan menerima ajakan untuk menerima vaksin.

Dalam Kesempatan ini, bupati mengatakan vaksinasi melalui drive thru sebagai langkah untuk melakukan sosialisasi kepada warga bahwa vaksin aman dan halal.” Ini sebagai langkah sosialisasi kepada masyarakat, bahwa vaksin tersebut aman tidak berbahaya,” tegasnya.

BACA JUGA :  Kebersamaan dalam Rakorwil Pemuda Muhammadiyah NTB

Bupati berharap kiriman vaksin bisa segera datang kembali agar pemkab Lobar juga bisa secara masif melakukan vaksinasi. Ditambahkan bupati, pemberian vaksin tidak hanya dilakukan oleh petugas kesehatan dari pemerintah, tetapi petugas kesehatan dari unsur TNI dan Polri juga bergerak bersama untuk menyelesaikan program vaksinasi ini. Karena tujuan utama untuk keselamatan rakyat Indonesia.

Sementara itu Kapolres Lobar mengatakan, target Forkopimda Lombok Barat melalui Batalyon Vaksinator TNI-Polri dan Pemda Lobar, untuk melakukan percepatan vaksinasi agar semakin dikebut.

Dikatakan Bagus, ini merupakan tindaklanjut dari program dan target yang telah disampaikan sebelumnya. Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan dengan baik kesempatan ini.” Kami imbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini,” katanya.

Layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru ini bertujuan selain untuk percepatan vaksinasi, juga sebagai upaya mempermudah pelayanan vaksinasi. “Walaupun dilakukan secara drive thru, namun tetap berpedoman kepada prosedur yang berlaku, sehingga aman dalam pelaksaannya,” jelasnya.

BACA JUGA :  Survei Polmatrix: Rakyat Percaya Indonesia Maju di Bawah Presiden Jokowi

Secara tehnis, Kapolres meminta dukungan masyarakat melalui kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga dalam pelaksanaannya nanti diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar.” Diingatkan kembali dalam penerapan protokol kesehatan, serta untuk mempersiapkan administrasi, seperti KTP, untuk mempermudah proses registrasi nantinya,” imbaunya.

Dengan terselenggaranya vaksinasi secara drive thru ini, Kapolres berharap akan semakin mendorong masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi. “Agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Lombok Barat, dan NTB pada umumnya, untuk pembangunan daerah tentunya,” tegasnya.

Pemberian vaksin dimulai sekitar pukul 09.00 Wita. Sekitar pukul 12.00 Wita pelaksanaan vaksinasi selesai. Sambil menunggu observasi, masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin menunggu di pos polisi.

Salah satu warga mengaku tenang setelah menerima vaksin.”Sekarang lebih tenang dan nyaman karena sudah divaksin, ” ungkap Winda, salah seorang warga yang divaksin. (ami)