Turis Malaysia Dominasi Kunjungan ke Lombok

Wisman Korsel dan Eropa Juga Meningkat

Turis Malaysia Dominasi Kunjungan ke Lombok
Wisata Lombok

MATARAM–Negara Malaysia menjadi penyumbang wisatawan terbesar yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan predikat sebagai destinasi halal dunia, menjadikan Pulau Lombok, Provinsi NTB sebagai salah satu pilihan utama warga Negeri Jiran (Malaysia) tersebut untuk liburan.

Berdasarkan data Badan Pusat Stastik (BPS) Provinsi NTB, bahwa di tahun 2017 wisatawan mancanegara yang paling banyak berkunjung di Provinsi NTB adalah dari Malaysia.

Jumlah wisatawan asal Negeri Malaysia yang datang liburan ke Provinsi NTB sebanyak 54.675 orang, sementara di tahun 2016 sebanyak 49.421 orang, atau terjadi peningkatan sebesar 10,63 persen dari tahun 2016.

“Wisatawan asal Malaysia masih mendominasi kunjungan turis mancanegara ke Lombok, NTB,” kata Kepala BPS Provinsi NTB, Endang Tri Wahyuningsih, Kamis kemarin (1/2).

Label Lombok sebagai destinasi halal dunia, menjadi daya tarik tersendiri dalam menggaet wisatawan asal Malaysia untuk berkunjung menikmati liburan di daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid ini. Pariwisata Halal yang menjadi ikon Provinsi NTB di dunia internasional, menjadi branding cukup sukses menggaet wisatawan dari Malaysia. Terlebih lagi, penduduk Malaysia mayorias berpenduduk Muslim, sama halnya dengan Indonesia, lebih khususnya lagi di Provinsi NTB.

BACA JUGA :  Inspektorat Diminta Audit Anggaran Dermaga Apung Lombok Tengah

Selain wisatawan asal Malaysia yang mendominasi kunjungan di Provinsi NTB, BPS NTB juga mencatat ada 10 negara dari berbagai belahan di dunia yang menikmati liburan ke Provinsi NTB, baik itu di Lombok maupun Pulau Sumbawa.

loading...