TGB Ziarah ke Makam Pahlawan TGKH Zainuddin Abdul Madjid

Peringatan Hari Pahlawan

TGB Ziarah ke Makam Pahlawan TGKH Zainuddin Abdul Madjid
ZIARAH MAKAM PAHLAWAN: Usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan, Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional asal NTB, TGKH Zainuddin Abdul Madjid, Jumat (10/11). (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG–Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, didampingi Danrem 162/WB, Kolonel Inf Farid Makruf, Jumat kemarin (10/11), menghadiri peringatan Hari Pahlawan, sekaligus ziarah ke makam Pahlawan Nasional asal NTB, Almagfurullah TGKH Zainuddin Abdul Madjid, di Pancor Lombok Timur (Lotim).

Upacara peringatan Hari Pahlawan itu juga dihadiri Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Agus Setiandar, Kapolres Lotim, AKBP M. Eka Fathurrahman, dan sejumlah pejabat NTB lainya.

BACA JUGA :  Kasus Dugaan Penghinaan Gelar Pahlawan, Polda Agendakan Pemeriksaan Saksi

Dalam sambutan, TGH M Zainul Majdi yang akrab disapa TGB ini mengatakan, bahwa peringatan Hari Pahlawan kali ini di NTB dilaksanakan dalam suasana yang berbeda. Dimana orang tua dan pejuang NTB, Almagfurullah Maulanasyaikh, telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Penetapan ini kita maknai, dan kita sadar bahwa kita mempunyai orang tua yang telah berjasa untuk negara. Sehingga kita sebagai generasi penerus agar selalu siap berjuang untuk Republik (Indonesia),” ujar TGB.

Sesuai ajarannya lanjut TGB, bagi siapa atau generasi yang kemudian mengikuti jejak orang tuanya, atau generasi pendahulu dalam kebaikan, maka orang itu merupakan orang yang berbakti.

”Perjuangan Nahdlatul Wathan (NW), keislaman dan kebangsaan tidak boleh dipisahkan. Karena berjuang untuk negara itu berarti berjuang bangsa, dan berjuang untuk agama. Sehingga mari kita sebagai murid-murid, jadilah murid yang berbakti,” imbau TGB.

Sementara itu, sejumlah santri NW yang mengikuti upacara Hari Pahlawan itu juga mengaku bangga dengan panganugerahan gelar Pahlawan Nasional bagi sang pendiri NW. “Siapa yang tidak bangga melihat gurunya diberikan gelar pahlawan. Sehingga untuk menyambut penganugerahan ini, kami akan menyambut gembira dengan pementasan seni,” kata M. Ali Akbar, salah satu santri NW.

BACA JUGA :  Dari Event Senggigi Sunset Jazz 2017

Menurutnya, sosok Almagfurullah TGKH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) merupakan tokoh panutan, yang mengangkat derajat manusia, dan seorang pahlawan yang memberantas kebodohan melalui pendidikan. “Beliau adalah seorang yang mampu merubah keadaan menjadi lebih baik. Sehingga tidak salah kalau masyarakat banyak yang menyayangi, dan menyambut gembira atas pemberian gelar pahlawan tersebut,” pungkasnya. (crwan)