Tes CPNS Instansi Vertikal Mulai Hari Ini

Tes Kota Mataram Masih Tunggu Jadwal

Tes CPNS Instansi Vertikal
TES CPNS: Persiapan pelaksaan tes SKD pelamar CPNS terus dimatangkan oleh BKN, kemarin (26/10). (Ali/Radar Lombok)

MATARAM — Secara nasional pelaksanaan tes Seleksi Kompetemsi Dasar (SKD) tahapan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dimulai Jumat kemarin, (26/10). Namun tes SKD di NTB belum dimulai dan rencananya akan digelar hari ini, sabtu (27/10).

Lokasi tes SKD berlangsung di Grand Imperial Ballroom, Jalan Panji Tilar Kota Mataram. Hanya saja kepala UPT BKN Mataram tidak bersedia memberikan konfirmasinya terkait dimulainya pelaksanaan TS SKD ini.

‘’Bu ketua bilang masih sibuk tidak ada waktu. Pelaksanaan tesnya mulai besok (hari ini),’’  ujar salah satu staf UPT BKN Mataram, kemarin (26/10).

Terpantau di lokasi pelaksanaan tes sudah mempersiapkan ratusan perangkat pelaksanaan. Ratusan komputer dan laptop sudah dipersiapkan.

Selain itu, beberapa petugas juga terlihat sedang mempersiapkan menyambung beberapa kabel laptop dan sebagainya. Di luar gedung ratusan kursi juga sudah dipersiapkan. Kursi ini dipersiapkan untuk peserta menunggu giliran tes.  

Pelaksanaan SKD ditahap awal ini untuk pelamar instansi pusat dan kementerian. Sedangkan untuk di daerah, jadwal pastinya belum diumumkan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati membenarkan, untuk tahap awal pelaksanaan tes SKD diperuntukkan untuk instansi pemerintah pusat. ‘’Kemungkinan yang jadwal awal-awal itu daftar urutnya instansi vertikal yang duluan. Kita untuk Kota Mataram lagi disusun jadwalnya. Kami belum dapat jadwalnya yang sudah fix,’’ katanya.

BKN disebutnya masih menunggu seluruh kabupaten kota menyelesaikan dan mengumumkan peserta yang lulus adminitrasi. ‘’Kalau kita kan sudah selesai. Kalau Provinsi dan Lombok Timur melaksanakan tes secara mandiri. KLU, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kota Mataram yang masuk ke CAT BKN. Itu jadwal tesnya akan disusun berdasarkan siapa yang duluan mengumumkan. Nanti setelah instansi vertikal. Kemungkinan Kota Mataram yang duluan,’’ ungkapnya.   

BKN kata dia, menyiapkan 450 komputer untuk peserta. Panitia juga menyiapkan 10 komputer cadangan. Sehari pelaksanaan tes akan digelar selama 5 sesi.

Ia memprediksikan, peserta CPNS Kota Mataram bisa diselesaikan selama tiga hari. ‘’Itu tesnya dari jam 8 sampai sore,’’ imbuhnya.   

Senada juga disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Aparatur dan Pengembangan Kota Mataram, Ahmad Mujahidin menyampaikan jadwal pasti untuk Kota Mataram belum ditentukan. ‘’Ini masih kita koordinasikan dengan BKN. Kemungkinan untuk Kota Mataram bisa tanggal 5 November ke atas,’’ katanya.   

Peserta CNPS Kota Mataram berjumlah 6777 orang. Ia menyampaikan, seluruh peserta CPNS Kota Mataram bisa diselesaikan selama lima hari. ‘’Karena kan ada 450 komputer yang disiapkan. Sementara sehari itu ada 5 sesi tes. Jadi kemungkinan untuk Kota Mataram seluruhnya bisa selesai selama 5 hari,’’ jelasnya.

Mengantisipasi hal teknis pada saat pelaksanaan tes, menurutnya tanggung jawab dari BKN. BKPSDM Kota Mataram hanya bertugas mempersiapkan peserta. ‘’Kalau pelaksanaan tes itu ranahnya BKN. Kita hanya membantu mempersiapkan peserta saja,’’ tandasnya. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut