Suara Golkar di Mataram Tetap Tak Terkejar

DITETAPKAN : Jumlah perolehan suara partai ditetapkan melalui rapat pleno. TABEL : Inilah perolehan suara partai se-Kota Mataram yang sudah ditetapkan di Formulir D1-Hasil Kota Mataram. (SUDIRMAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram merampungkan sidang pleno rekapitulasi suara pemilu 2024, Minggu (3/3) malam. Hasil akhir penghitungan ini tak meleset dengan hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Di mana awalnya, Partai Golkar telah diketahui menjadi jawara dalam pemilu 2024 di Kota Mataram.

Dari hasil rekapitulasi KPU, perolehan Partai Golkar sebanyak 47.099 suara dengan 7 kursi. Kemudian disusul Partai Gerindra dengan perolehan 29.277 suara dengan lima kursi, dan PKS 28.281 suara dengan perolehan enam kursi.

Ketua KPU Kota Mataram, Edy Putrawan mengatakan, untuk perolehan suara sudah ditetapkan masing-masing partai serta perolehan suara caleg terbanyak sudah ditetapkan sesuai hasil perolehan masing-masing caleg. ‘’Untuk penetapan masing-masing perolehan kursi bisa tergambarkan dari perolehan suara di masing-masing dapil. Kita ada tahapan satu lagi untuk penetapan perolehan kursi setelah ada surat dari KPU RI dan tidak ada gugatan di MK,’’ katanya kepada Radar Lombok, Minggu (3/3) malam.

Baca Juga :  Golden Palace Ajukan Pengampunan Denda Pajak

Untuk perolehan suara partai kecil yang mendapatkan suara buncit. Seperti Partai Garda Republik Indonesia 253 suara, Partai Umat 395 suara, Partai Buruh 598 suara, dan PSI 1.253 suara.

Dari gambaran sebaran suara, untuk 40 kursi DPRD Kota Mataram diraih beberapa partai yakni, posisi pertama Partai Golkar memperoleh 7 kursi, PKS 6 kursi, Gerindra 5 kursi, PPP 5 kursi, PDI Perjuangan 5 kursi, Demokrat 4 kursi, Nasdem 4 kursi, PAN 2 kursi, PKB 1 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Edy menyebutkan, untuk data perolehan suara caleg sesuai dengan D1 hasil pleno kecamatan, sesuai C1 plano yang sudah dikroscek dari awal. Selama ini sudah dilakukan kroscek dari tahap awal dan pleno kecamatan berlangsung terbuka. Bagi yang masih kurang puas dengan hasil juga telah diberikan kesempatan dari awal. Untuk melakukan kroscek kembali, bahkan sudah di saksikan para calon kandidat dan saksi parpol. ‘’Kita jamin semua dan tetap terbuka,’’ tegasnya.

Baca Juga :  Akses Ke Rumah Ditutup Tetangga, Pemkot Mataram Carikan Solusi

Dikatakan Edy, sesuai dengan SK  nomor 290 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilu sudah disampaikan ke masing-masing parpol. Sesuai dengan perolehan suara partai dan caleg. ‘’Dari masing-masing dapil sudah diberikan ringking untuk perolehan suara terbanyak sampai paling sedikit,’’ pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Mataram Muhammad Yusril dalam pleno menyampaikan, beberapa perbaikan sudah dilakukan langsung dari awal tingkat PPK saat pleno, beberapa catatan bawaslu terkait dengan adminitrasi juga sudah ditindak lanjuti. ‘’Kita harapkan untuk terus dilakukan perbaikan dan tidak terulang kembali saat pemilu selanjutnya,’’ katanya.

Selama tahapan, sampai perhitungan terus dilakukan pemantuan dan pengawasan secara ketat selama ini. Sama-sama terus mengawal pemilu yang aman jurdil di Kota Mataram. (dir)

Komentar Anda