Spesifikasi Kemaritiman, SMKN 1 Lembar Perluas Jejaring

GIRI MENANG—SMKN 1 Lembar, Lombok Barat (Lobar) tercatat sebagai satu-satunya sekolah kejurauan negeri di NTB yang khusus bergerak di bidang kemaritiman. Dengan statusnya ini, sekolah ini menjadi sekolah yang tidak perlu susah-susah “memasarkan” diri.

Kepala SMKN 1 Lembar, M Ruslan mengatakan, ada 4 jurusan yang ada di sekolah ini. Keempat jurusan tersebut yakni, Nautika Penangkapan Ikan, Nautika Kapal Niaga, Agribisnis Perikanan dan Teknologi Kendaraan Ringan. “Itu empat jurusan yang kita kembangkan,” ungkapnya kepada Radar Lombok, Rabu (29/6).

Spesifikasi jurusan yang mengarah ke bidang kemaritiman ini, jelasnya, menjadikan SMKN 1 Lembar bukan sebagai sekolah buangan meski berada di pelosok. Sebaliknya, sekolah ini menjadi pilihan utama siswa.

Bukti sekolah ini sebagai pilihan, terangnya, peserta didiknya berasal dari semua kabupaten kota di NTB. Terbanyak siswa yang ada di sekolah ini berasal dari Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Di sekolah yang memiliki total 9 rombongan belajar (rombel) ini, memiliki jaringan kerja yang cukup luas. Sedikitnya ada 4 perusahaan asal jepang menjadi mitra kerjanya. Mitra kerja ini telah banyak menyerap siswa sekolah ini untuk dipekerjakan. Salah satu perusahaan mitra itu yakni, Tiki Coorporations.

Perusahaan yang bergerak dibidang pelayaran ini, jelasnya, telah mengakomodir sejumlah siswa sekolah ini. Perusahaan tersebut datang langsung ke SMKN 1 Lembar untuk menyeleksi calon siswa yang akan direkrut.

Khusus jurusan Nautika Penangkapan Ikan, jelasnya, jurusan ini relative paling tua disbanding jurusan lainnya. Siswa yang mengambil jurusan ini menggelar praktek kerja industry (prakerin) di Benoa Bali. Dijadikannya Benoa sebagai lokasi lantaran hanay di tempat itu yang memiliki kapal dengan standar acuan internasional yang digunakan untuk pelayaran.

Tahun ini, bebernya, SMKN 1 Lembar akan menerima 6 rombel. Di tahun ini pula, untguk kelas 1 di sekolah ini akan memulai proses belajar mengajar menggunakan Kurikulum K13. “yang kelas 2 dan 3 tetap melanjutkan dengan KTSP,” bebernya.

Sementara itu, Waka Bagian Sarana dan Prasarana SMKN 1 Lembar, Slamet SPi mengatakan, prospek jurusan Nautika Penangkapan Ikan sangat menjanjikan, siswa yang direkrut bekerja oleh perusahaan mitra digaji Rp 9-10 juta di awal bekerja. “Bahkan mereka sdudah digaji sejak masuk karantina,” jelasnya.

Di lain pihak Waka Kurikulum SMKN 1 Lembar, M Saleh Efendi mengatakan, sekolah ini jauh sebelum masa proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah mendapatkan siswa. Pihaknya tidak perlu berlelah-lelah menunggu limpahan siswa dari sekolah lain. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid