Sosialisasi Kebanksentralan, BI Gelar LCC Pelajar se NTB

CERDAS CERMAT BI: Kepala Perwakilan BI NTB, Prijono menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba cerdas cermat pelajar SMA se NTB, Rabu kemarin (14/12) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Untuk lebih meningkatkan pengetahuan generasi muda di bidang ekonomi dan kebanksentralan, khususnya bagi siswa SMA, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB kembali menggelar lomba cerdas cermat (LCC) Tingkat SMA.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), dimana tema utama pada tahun 2016 adalah “Dedikasi Untuk Negeri”. Sebelumnya, tahun 2015 lalu, BI NTB juga sukses menyelenggarakan kegiatan serupa se-Pulau Lombok.

Tahun 2016, LCC Kebanksentralan Tingkat SMA se-Pulau Sumbawa juga telah berhasil dilaksanakan. Dan kali ini lomba yang diselenggarakan tersebut untuk tingkat Provinsi NTB.

Final lomba LCC tingkat SMA se Provinsi NTB tersebut untuk juara 1 kebanksentralan diraih SMA Negeri 1 Taliwang dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB. Kemudian juara 2 dan juara 3 masing-masing diraih SMA Kristen Kesuma Cakranegara dari Kota Mataram, dan SMA Negeri 1 Selong dari Kabupaten Lombok Timur.

Sedangkan untuk lomba Mini Drama, SMA Kristen Kesuma Cakranegara dari Kota Mataram juga memperoleh juara 1, SMA Negeri 1 Taliwang dari KSB meraih juara 2, dan SMA Islam Terpadu Ranggo dari Kabupaten Dompu mendapat juara 3.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Prijono disela penutupan dan penyerahan hadiah bagi pemenang LCC tingkat SMA se Provinsi NTB mengatakan, LCC kebanksentralan ini merupakan bentuk inovasi dari sosialisasi kebanksentralan agar lebih “membumikan” peran BI selaku bank sentral dalam setiap aspek tugas dan tanggungjawabnya selaku otorisator stabilitas moneter, sistem pembayaran, dan sistem keuangan.

BACA JUGA :  KIP Dorong Balon Terbuka Biaya Sosialisasi

Selain itu juga merupakan sebuah langkah untuk memperkaya pengetahuan, dan diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah. Sehingga kerjasama yang baik dalam pelaksanaan LCC Kebanksentralan antara KPW BI Provinsi NTB dengan pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota, kalangan kepala sekolah, guru, dan siswa harus terus dijaga dan ditingkatkan.

“Lomba ini kami harapkan bisa memberikan edukasi kepada siswa tentang peran dan fungsi Bank Indonesia dalam menjaga kedaulatan nilai tukar rupiah. Termasuk juga peran penting dalam kehidupan bangsa dan negara Indonesia,” jelasnya.

Selanjutnya para pemenang dari LCC Kebanksentralan se-Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa berhak mendapatkan tabungan pendidikan, begitu pula dengan LCC Kebanksentralan se-Provinsi NTB ini.

Pada LCC Kebanksentralan tingkat SMA se-Provinsi NTB, hadiah yang diberikan lebih menarik, khususnya bagi Juara 1 akan mendapatkan tambahan hadiah berupa kesempatan untuk melakukan kunjungan studi wisata ke beberapa destinasi di DKI Jakarta, yaitu Perpustakaan dan Kantor Pusat Bank Indonesia, Museum Bank Indonesia, Monumen Nasional, dan destinasi edukatif lainnya.

“Pemberian kesempatan tersebut diharapkan menjadi momen dan pengalaman berharga bagi masa depan siswa, sekaligus mendorong para peserta untuk bersaing dengan semangat memperebutkan gelar juara Provinsi NTB,” tutupnya. (luk)