Siswi MAN IC Lotim Raih Juara di Ajang KoSSMI Tingkat Nasional

Siswa MAN IC Lotim peraih juara KoSSMI Tingkat Nasional berpose bersama pendamping. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG – Siswa MAN Insan Cendekia Lombok Timur kembali meraih prestasi dengan meraih medali perak bidang Geografi di ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) yang diselenggarakan Direktorat KSKK Kementerian Agama bekerja sama dengan Abak Academy, Artificial Intelligence Centre Indonesia – FMIPA Universitas Indonesia & Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) yang berlangsung di Fakultas MIPA Universitas Gajah Mada(UGM) Yogyakarta, Minggu (26/5).

“Khusus prestasi KoSSMI di tingkat nasional tahun 2024 ini sangat membanggakan dan luar biasa dari seluruh provinsi di Indonesia,” ungkap guru pembina Olimpiade Geografi MAN IC Lotim, Sunarno Hariadi.

Dikatakan, bahwa prestasi yang diraih sungguh luar biasa, sangat membanggakan dan melegakan karena meraihnya tidak mudah, apalagi kompetisi ini dilaksanakan dari tingkat kabupaten hingga semifinal di tingkat Provinsi. Di tingkat nasional, terpilih finalis urutan 1 sampai 50 siswa dari sekolah/madrasah terbaik se-Indonesia.

Baca Juga :  Dua Siswi MAN IC Lotim Raih Perunggu di ISRIF Internasional

Di tingkat final, MAN IC Lotim mengirimkan 3 siswa dan pendamping. Ketiga siswa tersebut adalah Khalifa Zahra untuk bidang Geografi, Afifah Nayratus Sofiya bidang Matematika dan Abdul Qofar Abi Sapi’i di bidang Fisika.

“Hasil ini diraih melalui perjuangan yang cukup berat mengingat pesertanya berasal dari madrasah/sekolah unggulan sekaligus langganan juara seperti MAN IC Serpong, MAN 2 Kota Malang, MAN 1 Yogyakarta dan sekolah madrasah unggulan lainnya,” lanjutnya.

Terpisah,  Kepala MAN IC Lotim, H. Nasruddin Mansyur mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih oleh salah seorang siswinya. Menurutnya prestasi yang diraih ini adalah sebuah anugrah terindah menjelang akhir tahun pelajaran mengingat siswi yang bersangkutan, sudah harus mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Ia juga berjanji akan memberikan apresiasi kepada pembina yang telah sukses dan mengantarkan menjadi juara di ajang begengsi.

Baca Juga :  Rektor Undikma Berhentikan Ketua BEM

Dipaparkan, sebagai madrasah unggulan di bidang akademik, MAN IC Lotim senantiasa memberikan ruang kepada siswa dan siswi untuk berprestasi. Bahkan untuk seluruh guru dan karyawan juga diberikan kesempatan yang sama untuk meningkatkan kapasitas diri dan prestasi. Khusus untuk siswa, dalam satu minggu ini tercatat banyak yang menambah pundi prestasi lembaga, di antaranya Naufa Nufail sebagai duta generasi berencana (GenRe), Studi Parlemen pengurus MPS dan OSIS sebanyak 24 Siswa, terakhir, Sabtu 24 Mei 2024, siswa siswi atas nama Hawaul Maftuhati kelas XI sebagai Juara 2 Olimpiade Matematika (OMEGA) dan Muhammad Tatas Maulana Kelas X 1 sebagai Juara 2 Olimpiade Informatika (OSAMAKOM) Gamatika Competition 2024 oleh Fakultas MIPA Unram menguatkan posisi MAN IC Lotim sebagai madrasah unggulan. (adi)

Komentar Anda