PJU Polda NTB dan Dua Kapolres Dimutasi

Kombes Pol Rio Indra Lesmana (dok)

MATARAM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merombak sejumlah jabatan perwira menengah (Pamen) di Polda NTB hingga jabatan kapolres.

Adanya perombakan itu dibenarkan Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Rio Indra Lesmana. Pergeseran sejumlah jabatan itu sesuai dengan Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/1237/VI/KEP./2024 tertanggal 15/6/2024. “Iya benar soal mutasi itu,” kata Kombes Pol Rio Indra Lesmana kepada wartawan, Kamis (27/6).
Nama pejabat yang masuk dalam daftar mutasi itu ialah AKBP Wawan Andi Susanto, yang saat ini sebagai Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda NTB. Wawan dimutasi sebagai Kapolres Belora, Jateng.

Kemudian ada Kombes Pol Herman Suriyono selaku Auditor Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda NTB. Mantan Kapolres Lotim ini diangkat sebagai Penata Kebijakan Kapolri pada Polda Jatim. Posisi Herman itu dipercayakan kepada Wakil Direktur (Wadir) Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTB AKBP Sigit Hari Wibowo.

Baca Juga :  Polda Diminta Cari Perjanjian Kerja Mentor dan FEC Kalau Tidak Ada, Bisa Lolos

Nama lainnya Wadir Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda NTB AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna. Ia diangkat sebagai Auditor Itwasda Polda Maluku. Selanjutnya Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda NTB Kombes Pol Benny Subandi.

Benny digeser ke Polda Bali dengan jabatan yang sama.
Jabatan yang nantinya ditinggalkan Benny, akan dijabat Kombes Pol Dede Ruhiat Djunaidi yang saat ini sebagai Auditor Itwasum Polri. Lainnya Kepala Rumah Sakit Bhayangkara AKBP dr I Komang Tresna. Tresna akan mengemban tugas sebagai Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) di Polda Bengkulu.

Baca Juga :  Kasus Pungli Pasar ACC, Mantan Bendahara Disdag Mengaku Tanda Tangannya Dipalsukan

Sedangkan untuk jabatan kapolres yang bergeser ialah Kapolres Sumbawa AKBP Heru Muslimin. AKBP Heru dipercaya sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda NTB. Kemudian Kapolres Lobar yang semula dijabat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi digeser menggantikan kursi yang ditinggalkan AKBP Heru, sebagai Kapolres Sumbawa.

Tongkat Kapolres Lobar yang akan ditinggalkan AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi, dipercayakan dipegang AKBP I Komang Sarjana yang saat ini sebagai Kasubbid Wabprof Bidpropam Polda NTB. “Iya, ada dua kapolres yang kena mutasi dan ada juga PJU (pejabat utama) di Polda. Mutasi ini hal yang biasa dalam sebuah organisasi,” tandas Rio. (sid)

Komentar Anda