Setelah Ditanami Pohon Pisang, Jalan Rusak Diperbaiki

JALAN : Titik jalan rusak yang ditanami pohon pisang oleh warga kini ditangani dengan cara ditambal untuk sementara. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Ruas jalan provinsi yang menuju pelabuhan Gili Mas yang rusak mulai ditangani oleh Pemprov NTB melalui Dinas PUPR NTB. Sebelumnya jalan rusak ditanami pohon pisang oleh warga. Sayang, perbaikannya hanya dengan tambal sulam biasa.

Secara umum jalan Lembar- Sekotong yang melewati pelabuhan Gili Mas hingga Pelangan mulai diperbaiki melalui Balai Pemeliharaan Jalan Pulau Lombok. Panjangnya sekitar  41,0 kilometer dengan lebar 6,07 meter.

Kepala Balai Jalan Pulau Lombok Darmasa mengatakan pihaknya sudah mulai memperbaiki jalan yang kondisinya rusak parah. Titik jalan yang rusak ditangani dengan memberikan lapisan LPA untuk sementara. Untuk pekerjaan hotmix danya dari DAK sebesar Rp 1,5 miliar.” Perbaikan jalan sudah kita mulai tahun ini. Perbaikan jalan nanti dihotmix. Untuk sementara kita tambal dulu,” paparnya kemarin (20/2).

Baca Juga :  Balai Jalan Diminta Segera Tangani Banjir di Bypass

Anggaran sebesar Rp 1,5 miliar itu dinilai masih minim. Namun penutupan jalan berlubang penting agar tidak mengganggu dan membahayakan pengguna jalan.” Untuk penanganan sementara kita lakukan tambal sulam dulu,” ungkapnya.

Darmasah mengatakan pihaknya akan mengusulkan ruas jalan Lembar-Sekotong dinaikkan statusnya menjadi ruas jalan nasional. Pasalnya, kendaraan yang melintas rata-rata bertonasenya melebihi standar (beban berat) terutama yang menuju ke Gili Mas. Belum lagi truk yang membawa material galian C dan kerusakan tidak bisa dielakkan. “ Kita usulkan nanti jalan ini menjadi jalan nasional,” ungkapnya.

Selama masih statusnya jalan provinsi, lanjut Dar, maka kondisinya akan semakin parah. Ia sangat berharap agar jalan ini bisa segera naik statusnya menjadi jalan nasional. Untuk sumber anggaran pemeliharaan jalan yang rusak parah sebelum ditanami pohon pisang oleh warga, ia menjawab untuk material pihaknya dibantu oleh beberapa rekanan secara gotong-royong alias sukarela.” Kita dibantu sukarela ini. BBM alat berat kita gunakan kocek sendiri dulu, untuk tenaga manual kami bekerja bersama jajaran internal kami di kantor Balai, sembari menunggu selesai lelang tender paket hotmix ruas jalan Lembar-Sekotong ini. Intinya kami siasati agar pengguna jalan bisa menggunakan ruas jalan ini tanpa kendala,” jelasnya.

Baca Juga :  Jelang KTT G20 di Bali, Polisi Perketat Pengamanan Pelabuhan Lembar

Kades Lembar Selatan H. Beny Basuki membenarkan titik jalan yang rusak dan ditanami pohon oleh warga sudah ditangani dengan tambal sulam.” Kemarin sudah dilakukan perbaikan,” kata Kades.(ami)

Komentar Anda