Sekolah Diminta Perbanyak Eskul

TAMPIL: Salah satu eskul menari murid SDN 45 Mataram beberapa waktu lalu tampil di hadapan khalayak (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Pelajar di Kota Mataram memilik beragam potensi. Selain dituntut berprestasi dibidang akademik, juga non akademik. Melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) sekolah, diharapkan siswa dapat meningkatkan bakat dan kreativitas yang dimiliki.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H Sudenom mengimbau, sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK hendaknya memperbanyak kegiatan eskul. Harapannya, kegiatan eskul dapat menyumbang  prestasi untuk sekolah.

Dikatakan, selama ini banyak prestasi siswa yang dilahirkan melalui kegiatan eskul sekolah. Seperti  kegiatan olahraga, kesenian, teater dan lain sebagainya. Ia meminta, sekolah terus menyedian ruang berkreasi bagi kalangan siswa yang memiliki bakat di berbabagai bidang bukan hanya akademik.

‘’Kalangan siswa memiliki potensi yang sangat besar di berbagai bidang di luar akademik, kenapa tidak dikembangkang,’’ ungkapnya dengan nada tanya.

Beberapa sekolah saat ini berlomba-lomba menyediakan pendidikan eskul.  Mulai dari tingkat sekolah dasar sampai SMA/SMK.  Prestasi kalangan siswa Kota Mataram juga sudah sampai tingkat nasional dibidang eskul.

Sudenom mengimbau sekolah, setiap  tahun penerimaan ajaran baru untuk melakukan seleksi bagi kalangan siswa yang memiliki bakat dibidang eskul maupun akademik. Sehingga bibit-bibit unggul Kota Mataram tetap tersaring, serta memperoleh prestasi sampai kancah internasional. (dir)