Eskul Pramuka Ditingkatkan untuk Mantapkan Kedisiplinan

BERFOSE: Jajaran anggota pramuka Gugus 3 Praya Tengah berfose bersama di sela-sela acara Persami. (Apenk/Radar Lombok)

PRAYA—Demi menanamkan kedisiplinan di kalangan peserta didik, gugus 3 Desa Kelebuh Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah (Loteng) terus intens meningkatkan ekstrakurikuler pramuka. Gugus ini terdiri dari SDN 1, 2, Lelong, SDN Embung Belek, SDN 1, 2 Sanggeng.

“Salah satu kegiatan yang kita lakukan yakni dengan menggelar kemah di masing-masing sekolah secara bergiliran,” kata kepala SDN 2 Lelong, Desa Kelebuh Kecamatan Praya Tengah, H, Mawarzun, Sabtu (11/2).

[postingan number=3 tag=”sekolah”]

Baca Juga :  Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Karakter Generasi Muda

Lewat kegiatan pramuka, jelasnya, murid diberikan pembelajaran tentang kedisplinan, cinta tanah air dan sesama. Eskul pramuka di sekolah ini disebutnya banyak diminati.

Katanya, program pramuka dilaksanakan secara terstruktur dan terprogram. Dimana untuk dua minggu seklai diadakan kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Dalam kegiatan ini akan diikuti oleh semua murid sekolah yang tergabung dalam Gugus 3.

Sementara itu, Pembina pramuka Gugus 3, Saepul Bahri mengatakan, sebelum dilaksanakan puncak kemah, peserta kemah diajak juga untuk  melakukan aktivitas sosial. Aktivitas tersebut berupa pembersihan di kompolek halaman masjid terdekat.

Baca Juga :  SMAN 2 Mataram Bumikan Eskul Pramuka

Sementara itu Pembina Kwaran Praya Tengah, Samsuddin mengatakan, pramuka sebenarnya lebih dekat dengan melatih siswa disiplin. Prestasi pramuka secara umum di Loteng sudah sangat baik.

Pihaknya berharap kesedan pramuka terus mampu menunjukkan jati diri dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik. Pembelajaran ini terutama menyangkut kedisiplinan.(cr-ap)

Komentar Anda