SDN 04 Taman Sari Lombok Barat Jadi Sekolah Plastik Blok Pertama di Dunia

Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah saat memantau pembangunan SDN 04 Medas Gunung Sari Lombok Barat. (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG–Wakil Gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. menyambut antusias pembangunan SDN 04 Taman Sari, Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat yang memanfaatkan limbah plastik.

SDN 04 Taman Sari menjadi sekolah plastik blok pertama di dunia, yang diinisiasi oleh Classroom of Hope (Australia) bekerja sama dengan Block Solutions (Finlandia), Pelita Foundation Lombok, dan Pemda NTB.

“Alhamdulillah, kita dapat memanfaatkan sampah dan menjadi sumber daya untuk kita semua, penggunaan bata ecobrik ini sangat ringan, murah, aman saat gempa dan sangat cepat membuatnya. Sekolah ini saja merakit bloknya seperti lego hanya butuh waktu 5 jam, paling lama mebutuhkan waktu 1 minggu 10 hari,” kata Ummi Rohmi saat meninjau SDN 4 Taman Sari, Selasa (15/6/2021) melalui rilis Diskominfotik NTB.

BACA JUGA :  Penyelidikan Kasus Dermaga Senggigi Dilanjutkan

Selain itu, perempuan inspiratif NTB ini menjelaskan, penggunaan bata ecobrik ini memiliki keunggulan, yakni lebih ringan, harganya terjangkau, aman dan meminimalisir waktu. Dengan begitu, pemanfaatan sampah plastik dapat dikelola dengan baik.

BACA JUGA :  Sebagian Besar Petahana Tumbang

Pemprov NTB juga tengah berkolaborasi dengan Block Solutions (Finlandia) akan membangun pabrik bata ecobrik pertama di Asia.

“Insyaallah rencana kita ke depannya akan dibangun pabrik untuk menghasilkan blok pelastik, untuk mengakomodir pengelolaan sampah plastik di NTB,” tutup Ummi Rohmi. (RL)