Satgas Vaksinasi Polda NTB Genjot Capaian Vaksinasi Covid-19

VAKSINASI: Wujudkan herd immunity, Satgas Percepatan Vaksinasi Biddokes Polda NTB setiap hari gencar melakukan vaksinasi massal di berbagai lokasi di NTB. (poldantb for radarlombok.co.id)

MATARAM—Upaya mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity kepada masyarakat di Provinsi NTB, sekaligus merealisasikan target 70 persen vaksinasi Covid-19 sebelum dilaksanakan gelaran World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, pada November mendatang. Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Vaksinasi Polda NTB, bersama jajaran Polres se-NTB, setiap hari intens melaksanakan vaksinasi massal di berbagai tempat di NTB.

Seperti Rabu (15/9), Satgas Percepatan Vaksinasi Polda NTB menggelar vaksinasi massal di empat lokasi berbeda di Pulau Lombok, yakni di Gedung Presisi Biddokes Polda NTB, Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan, PLTU Jeranjang, dan Ponpes Assohwa Al Islamiyah Gerung.

“Total vaksinasi sebanyak 1.494 dosis. Perinciannya, di Gedung Presisi Biddokes Polda NTB sebanyak 88 dosis, Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan 602 dosis, PLTU Jeranjang 542 dosis, dan di Ponpes Assohwa Al Islamiyah Gerung 262 dosis,” kata Ketua Satgas (Kasatgas) Percepatan Vaksinasi Polda NTB, Kombes Pol Awan Hariono, SIK. MH, kepada sejumlah awak media, kemarin.

BACA JUGA :  Bid Dokkes Polda NTB Periksa Kesehatan Personel Polri di Sumbawa Barat

Dijelaskan Awan, hasil pemantauan yang dilakukan di empat gerai vaksinasi tersebut, maka untuk capaian vaksinasi di Gedung Presisi Biddokes polda NTB masuk kategori stabil. Dimana dari stok dosis vaksin yang tersedia, berhasil dilakukan vaksinasi kepada 88 orang, atau 85,90 persen.

Berikutnya vaksinasi di PLTU Jeranjang, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Lombok Barat (Lobar), dari target vaksinasi kepada 500 orang, berhasil tercapai 100 persen, bahkan melebihi target, sebanyak 542 orang.

Demikian untuk capaian vaksinasi di Yayasan Pondok Pesantren Assohwa Al Islamiyah Gerung, berhasil dilaksanakan vaksinasi sebesar 89,75 persen, atau 262 orang dari target sebanyak 300 orang.

“Terakhir di Balai Desa Jagaraga, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, dari target vaksinasi kepada 500 orang, berhasil dilakukan vaksinasi untuk 602 orang,” jelas Awan yang juga Kabid Propam Polda NTB ini.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan ini, lanjut Awan, target capaian vaksinasi sebanyak 45 ribu orang perhari, untuk merealisasikan 70 persen vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat NTB hingga November mendatang, diyakini dapat tercapai.

BACA JUGA :  Lanal Banjarmasin Gencar Vaksinasi, Kali Ini Sasar 1.199 Orang di ULM

Keyakinan ini karena tidak hanya TNI-Polri saja yang bergerak melaksanakan vaksinasi, namun seluruh stake holder di NTB sekarang juga terus aktif menggelar vaksinasi. Apalagi ini juga didukung penuh oleh pemerintah pusat, melalui ketersediaan vaksin yang cukup memadai.

Update ketersediaan vaksin pada 13 September 2021, dari sebanyak 1.740.720 dosis vaksin yang diterima NTB, terdiri dari vaksin Sinovac sebanyak 1.540.380 dosis, AstraZeneca (AZ) 39.980 dosis, Moderna 157.360 dosis, dan Sinopham sebanyak 3.000 dosis. Maka vaksin yang telah digunakan ada sebanyak 1.272.202 dosis, sehingga saat ini masih tersisa sebanyak 468.518 dosis.

“Harapannya, berbagai upaya vaksinasi yang dilakukan ini dapat mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok). Sehingga NTB segera terbebas dari pandemi Covid-19, dan masyarakat juga bisa beraktifitas normal kembali,” pungkas Awan. (gt)