Rachmat Hidayat Sesalkan Baksos RS Apung Malahayati tak Diijinkan Pakai Lahan di Labuhan Badas

KECEWA: Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat kecewa dengan Pelindo Labuhan Badas, yang tidak mengijinkan pemasangan terop tempat berteduh pasien pengobatan gratis RS Apung Laksamana Malahayati.

SUMBAWA BESAR–Ketua DPD PDI Perjuangan NTB, Rachmat Hidayat menyesalkan Pelindo Labuhan Badas, yang tidak memberikan ijin pemasangan terop tempat berteduh untuk pasien pengobatan gratis RS Apung Laksamana Malahayati di tanah lapangnya di kawasan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa.

Pihaknya mengaku heran dengan kebijakan Pelindo Labuhan Badas, yang melarang bakti sosial kemanusiaan pengobatan gratis. “Dari semua Pelabuhan di NTB yang disinggahi RS Apung Laksamana Malahayati, hanya di Labuhan badas ini tidak diberikan ijin. Ada apa ini? Padahal ijin sudah lengkap semua,” tanya Rachmat kecewa.

Rachmat menggarisbawahi bahwa pemasangan terop di kawasan lapangan terbuka Pelindo Labuhan Badas bukan kampanye, tetapi bakti sosial untuk kemanusiaan. Kenapa tidak diberi ijin seperti di Pelabuhan Lembar (Lobar), Pelabuhan Bangsal (KLU), Labuhan Lombok (Lotim) dan Poto Tano (KSB),” kata Rachmat dengan nada tinggi.

Padahal kata Rachmat, pihaknya sudah memberitahu kepada Kadishub NTB, terhadap permasalahan ini, dan pihak Dishub NTB juga memberi ijin menggelar pengobatan gratis di kawasan Pelabuhan Badas. “Bahkan Kepala Dinas Perhubungan NTB meminta panitia pengobatan gratis menemui pihak Pelindo Badas. Tapi mereka tetap kekeuh dengan putusannya, yakni akan minta ijin ke atasan dulu,” kata Rachmat, menirukan laporan dari Ketua DPC PDIP Sumbawa Besar, Abdul Rafiq.

Selanjutnya Rachmat mengatakan pengobatan dan pelayanan kesehatan RS Apung PDIP Laksamana Malahayati di Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, akan berlangsung lima hari, tanpa dipungut biaya sesen pun.

“Pengobatan gratis ini untuk semua kalangan strata sosial masyarakat Sumbawa. Silakan manfaatkan momen pengobatan gratis ini tanpa ada diskriminasi sosial. Mau yang punya BPJS ataupun tidak, silakan berobat,” imbau Rachmat.

Baca Juga :  Rachmat Hidayat Ajak Anak Didik Memuliakan Para Guru

Sementara itu, Kapal Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan tiba dan nyandar di Pelabuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, NTB, sejak Kamis, 14 Desember 2023, dari Poto Tano KSB.

Selanjutnya, pada Jumat 15 Desember 2023, kru awak medis memberikan pelayanan kesehatan gratis selama 5 hari, dari tanggal 15 hingga 19 Desember 2023, bertempat di Kantor DPC PDI Perjuangan, Jalan Lintas Nijang, Unter Iwes, Sumbawa.

Dari pantauan yang dilakukan Rachmat, ribuan masyarakat Sumbawa dari berbagai strata sosial terlihat hadir, mulai dari anak anak hingga dewasa berbondong bondong dengan antusias untuk mendapatkan pengobatan gratis dari dokter spesialis dan perawat RS Apung Malahayati.

“PDI Perjuangan konsisten memberi pelayanan berobat gratis kepada masyarakat. Kehadiran Kapal RS Apung Laksamana Malahayati di Sumbawa ini, adalah rangkaian dari aksi kemanusiaan PDI Perjuangan se NTB,” kata Abdul Rafiq, SH, Ketua DPC PDI Perjuangan Sumbawa Besar, saat menyaksikan langsung pengobatan gratis bersama Ketua DPD PDI Perjuangan NTB, Rachmat Hidayat.

Menurutnya, spirit perjuangan Malahayati yang dinamakan pada rumah sakit terapung ini menjadi inspirasi untuk terus mengobarkan semangat membela dan melayani orang lain. “Sesuai instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, setiap kader PDIP wajib untuk terus membersamai masyarakat dalam segala situasi. Dan ini merupakan murni misi kemanusiaan tidak ada kaitannya dengan Pilpres maupun Pileg,” tegasnya.

Baca Juga :  TGH Najamudin Nobatkan Rachmat Hidayat "Bapak Pluralisme" di NTB

Hadir dalam pengobatan gratis ini sejumlah Pengurus DPD PDIP NTB antara lain Ruslan Turmuzi, Raden Nuna Abriadi, Endang Yuliati, dr Melly dan Hakam Ali Niazi.

Terpisah Kepala RS Apung Laksamana Malahayati, dr. Januar Sahat Siahaan menyampaikan, pengobatan gratis yang dilaksanakan dapat diikuti oleh berbagai kalangan usia. Baik usia anak-anak, muda hingga lansia. “Pengobatan gratis ini, ada tablet, salap, bedak, sirup dan ada juga pengecekan, asam urat, kolestrol, gula dan tensi,” ungkapnya.

Januar mengajak masyarakat Sumbawa untuk datang melakukan pemeriksaan kesehatannya. “Pengobatan yang kami lakukan ini gratis, silahkan datang dan kami tunggu untuk melakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Untuk diketahui, RS Apung Laksamana Malahayati adalah kapal milik PDIP yang diresmikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada 10 Juni 2023.

Kapal RS tersebut berlayar ke sejumlah pulau di Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Fasilitas rumah sakit di dalam kapal tersebut sudah cukup lengkap. Mulai ruang operasi, perawatan, pengobatan dan berbagai fasilitas lainnya.

Sebelum  tiba di Kabupaten Sumbawa, RS Apung Malahayati sudah lebih dulu menyinggahi pelabuhan yang ada di Pulau Lombok. Nantinya setelah dari Sumbawa dan KSB, RS Apung Malahayati akan menuju Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. (rl)

Komentar Anda