PUPR Kucur Rp 85 M untuk Jalan

Suwardi (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Tengah menggelontorkan Rp 85 miliar untuk peningkatan jalan tahun ini.

Dana yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tersebut dibagi dalam sepuluh paket yang dipergunakan memperbaiki jalan-jalan kabupaten yang sudah rusak. Bahkan, saat ini pengerjaan proyek tersebut sudah berjalan dan hampir rampung. “Sampai saat ini yang sepuluh paket tersebut rata- rata pengerjaanya sudah mencapai 35 persen,” ungkap Kabid Binamarga Dinas PUPR Lombok Tengah, Suwardi, kemarin (26/7).

Disampaikan, banyaknya anggaran yang digelontorkan tersebut merupakan wujud nyata dari visi dan misi Pemda Lombok Tengah. Yakni, membangun rurung dan reban (jalan dan irigasi) sehingga pihaknya berikhtiar untuk tetap melakukan pemerataan jalan agar nantinya ruas jalan yang ada di Loteng bisa semuanya mulus. “Dari pihak kontraktor juga sangat peduli dengan perogres tersebut sehingga tidak ada yang melampaui batas target,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Uji Ketangkasan Pegawai di Benang Stokel

Bahkan, pihaknya tidak hanya menggelontorkan dana yang banyak untuk peningkatan jalan. Namun, oleh Dinas PUPR juga menggelontorkan sebanyak Rp 3,6 miliar untuk pekerjaan rutin setiap tahunya. Anggaran tersebut digunakan sebagai perabatan jalan dan lainya. “Kalau ruas jalan untuk pekerjaan rutin setiap tahunya sebanyak 294,4 kilometer dengan dana  pembersihan milik jalan, saluran serta rabat dan perbaikan badan jalan yang berupa aspal sebanyak  Rp 3,6 miliar,” tambahnya.

Pihaknya juga sudah mengusulkan sebanyak 116 kilometer jalan desa menjadi jalan kabupaten. Sehingga nantinya dengan adanya usulan tersebut diharapkan ruas jalan kabupaten yang semula 739,4 kilometer menjadi 855,4 kilometer. ”Hal itu perlu kita tingkatkan karena melihat kondisi jalan dan nantinya kita harapkan bisa berubah,” terangnya.

Baca Juga :  PUPR Usulkan Perda Beban Jalan

Pihaknya berharap dengan diprioritaskan jalan-jalan tersebut nantinya ruas jalan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah bisa dinikmati dengan nyaman oleh pengguna jalan. Pihaknya juga menyampaikan bahwa tetap melakukan perawatan yang rutin dalam pembuatan jalan-jalan berhotmix tersebut. “Ini juga kita harapkan dengan adanya hasil motivasi dengan mitra sehingga pelaksanaanya tetap berjalan dengan baik dan lancer,” tambahnya.

Ia menambahkan, selain program yang sudah terlaksana tersebut ada beberapa program kedepan yang sudah dipersiapkan untuk membangun Loteng yang lebih baik dengan pembangunan infrastruktur jalan yang mulus. ”Pembebasan lahan dengan dana senilai Rp 25 miliar juga  saat ini sudah tahap apprisal untuk pelebaran ruas jalan bypass,” tutupnya. (cr-met)