Progres Pembangunan Masjid Al-Hakim The Mandalika Capai 88,87 Persen

PROGRES: Progress pembangunan fisik Masjid Al-Hakim The Mandalika di Dusu Ujung, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, telah mencapai 88,87 persen. (itdc/radarlombok)

PRAYA–PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, terus menyelesaikan pembangunan Masjid Al-Hakim di Dusun Ujung, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat ini progress pembangunan fisik Masjid mencapai 88,87%. Pada tahap ini sejumlah konstruksi telah mencapai 100 % seperti pemasangan batu kali untuk tangga, pengecoran kolom struktur lantai 2, pengecoran balok & plat beton atap, pengecoran footplat gulungan selasar, pemasangan Glass Reinforced Concrete (GRC) atau biasa disebut beton bertulang untuk listplank, pemasangan kubah enamel dan pemasangan pagar keliling masjid.

Adapun pekerjaan konstruksi yang mencapai 80-90% diantaranya pemasangan GRC untuk tampak, pekerjaan instalasi listrik, perataan tanah halaman masjid, pekerjaan railing void lantai 2, pemasangan marmer lantai, pemasangan plafond, jendela ventilasi bawah kubah, dan paving blok.

Baca Juga :  ITDC Fokus Peran Ekonomi dan Sosial Masyarakat

Selanjutnya, pada tahap akhir pekerjaan fisik akan dilakukan pekerjaan finishing pemasangan GRC motif arabic facade, penutup plafondborder marmer lantai 2, tangga selasar dan tangga dari lantai 1 ke lantai 2, pengecatan dinding & plafond masjid, railing tangga dan selasar lantai 2, pemasangan pintu dan kaca jendela, finishing instalasi listrik, pemasangan saklar, dan lampu, pengecatan dinding pagar, finishing pemasangan paving block dan kansteen serta perkerjaan taman.

“Pembangunan Masjid Al-Hakim akan menambah fasilitas ibadah bagi masyarakat di dalam kawasan The Mandalika dan sekitarnya. Apalagi dengan posisi strategis yang berseberangan atau berhadapan dengan Mandalika International Circuit, Masjid AL-Hakim akan juga memberikan kemudahan beribadah bagi pengunjung atau penonton saat pagelaran event-event di Sirkuit, khususnya event besar semacam WSBK dan MotoGP yang dihadiri ribuan orang,” kata General Manager The Mandalika Molin Duwanno, Rabu (15/2).

Baca Juga :  Sukseskan MotoGP, Dispar NTB Gandeng RedDoorz Pasarkan Homestay di Lombok

Pembangunan Masjid Al-Hakim merupakan kolaborasi ITDC dengan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang dilakukan sejak akhir bulan September 2022 dan ditargetkan selesai pada pertengahan bulan Maret 2023.  Masjid dibangun dalam dua lantai dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, tempat wudhu, area parkir yang luas dan dihiasi taman hijau yang mengelilingi area masjid.

“Dalam pembangunan Masjid Al-Hakim ITDC berperan sebagai pengawas lapangan yang bertugas memonitor pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh kontraktor lokal CV Artha Kecening dan konsultan PT Yodya Karya.  Kami akan memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan perencanaan, baik dari sisi spesifikasi fisik, keamanan bangunan, maupun timeline penyelesaian,” tutup Molin. (rl/gt)

Komentar Anda