Ponpes Jabal Hikmah Kembangkan Jurnalistik

MADING: Kepala SMP Jabal Hikmah, Mashar, menunjukkan kreatifitas para siswanya yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, yang ditempelkan sebagai Mading Sekolah (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—SMP Jabal Hikmah di lingkungan Pondok Pesantren Jabal Hikmah Sakra, yang kehadirannya belum banyak diketahui masyarakat, ternyata mempunyai keunggulan tersendiri. Pasalnya, diantara semua sekolah di Kecamatan Sakra, hanya sekolah ini saja yang telah mengembangkan media berupa pembuatan Buletin Sekolah. Bahkan memiliki wartawan cilik, lengkap dengan ruang redaksinya.

Kepala SMP Jabal Hikmah, Mashar menjelaskan, para wartawan cilik inilah yang setiap hari melakukan peliputan berbagai kegiatan seputar Ponpes. Sehingga kegiatan maupun program yang dilaksanakan Ponpes bisa terekspos, dan diketahui oleh masyarakat diluar pondok.

“Dari dasar itu kita berinisiatif mengembangkan ilmu jurnalistik, dengan membuat Buletin Sekolah. Sehingga kegiatan-kegiatan sekolah bisa dipublikasikan,” harap Mashar, Rabu (7/12).

Dikatakan, pengetahuan dan karya jurnalistik di Ponpes Jabal Hikmah ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Bahkan telah menerbitkan sebanyak 41 edisi, yang terbit 2 minggu sekali. Dimana dalam setiap edisi di fokuskan sebatas program sekolah dan pandangan-pandangan masyarakat terhadap sekolah.

Jumlah wartawan yang dimiliki, saat ini ada sebanyak 25 wartawan, 4 orang editor, lima orang layout, dan 1 orang sebagai Pimpinan Redaksi (Pimred). Untuk menentukan siapa orang yang dinyatakan sebagai editor, maka Pimred memilih berdasarkan tingkatan, serta kelas dari para siswa.

“Kalau untuk kelas 1 yang masuk ke Jurnalistik kita suruh sebagai wartawan. Kemudian untuk yang kelas 2 kita tugaskan sebagai editor, dan untuk kelas 3 kita fungsikan sebagai layout,” jelas Mashar.

BACA JUGA :  Desa Pesanggrahan Kembangkan Kampung Wisata

Kegiatan jurnalistik di SMP Jabal Hikmah merupakan program ekstrakurikuler yang harus di pilih oleh siswa. Namun meski  telah berjalan cukup lama, namun sejauh ini belum ada hasil yang memuaskan para siswa.

“Namannya juga anak SMP, dan tidak pernah disentuh oleh wartawan yang professional. Tentu hasilnya juga tidak akan seperti yang kita inginkan, meskipun sudah terbit sampai 41 edisi,” keluhnya.

Tekad menjadikan para siswanya wartawan yang handal, dan sesuai dengan keinginan para siswa, sekolah berharap kepada perusahaan media yang ingin menyumbangkan dan berbagi ilmunya, untuk melatih dan membina para siswa yang saat ini banyak ingin menjadi pekerja jurnalistik.

“Jujur saja, sudah lama saya ingin bekerja sama dengan media yang bisa melatih para siswa. Sehingga apa yang dicita-citakan untuk menjadi siswa penulis yang mampu membawa siswa ke tingkat nasional dalam bidang jurnalistik,” akunya.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kegiatan jurnalistik yang saat ini merupakan program pilihan dan unggulan di SMP Jabal Hikmah, pihak sekolah juga telah membangun gedung tersendiri, yang akan difungsikan sebagai ruang redaksi. Sehingga program  jurnalistik bisa berjalan dengan baik, dan para siwa berhasil menjadi juara ketika mengikuti lomba-lomba jurnalistik. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaDugaan Penyelundupan APBD 2017 Berhembus
Berita berikutnyaGOW Peringati Hari Ibu ke-88