Petani Sumbang 70 Persen Angka Kemiskinan Lobar

Pengukuhan: Pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Kelompok Tani Lombok Barat oleh Bupati H. Fauzan Khalid di Kediri kemarin (Rasinah Abdul Igit/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid mengukuhkan kepengurusan Forum Komunikasi Kelompok Tani Lombok Barat di salah satu lesehan di Kecamatan Kediri kemarin. Pada kesempatan ini bupati mengungkapkan data angka kemiskinan Lombok Barat yang terbanyak disumbang oleh petani.

Pengukuhan berlangsung sekitar pukul 11.00 Wita. Ketua forum adalah Waqi’ah, sementara sekretarisnya Mustafa dari kelompok tani Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung. Pengukuhan ditandai dengan penyerahan bendera organisasi oleh bupati kepada ketua forum.

Pada kesempatan ini Fauzan menyampaikan fakta dan data bahwa sebagian besar atau sekitar 60 persen warga miskin di Lombok Barat saat ini disumbang oleh petani. Jika ada sekitar 110 ribu warga miskin, maka sekitar 70 ribu adalah petani. Ini fakta yang ironis, mengingat selama ini petani bekerja keras mengolah sawah-sawah mereka dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan daerah. Karena itu Fauzan berjanji akan memperjuangkan kesejahteraan petani. ” Di APBD 2018 mendatang fokus saya diantaranya meningkatkan infrastruktur pertanian,” ungkapnya.

Fauzan juga berharap para petani kompak. Misalnya, petani bisa saling membantu lewat forum. ” Misalnya jika ada 16 ribu KK petani mengumpulkan sama-sama seribu rupiah saja sebulan, maka akan menghasilkan 16 juta. Misalnya itu bisa dipakai untuk penanganan gizi buruk, putus sekolah dan lain-lain. Ini sekedar contoh bahwa demikianlah cara kita ikut membantu kelancaran pembangunan,” pungkasnya.(git)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid