Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman Selama Lebaran

Salah seorang pengguna sepeda motor melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU di Kota Mataram.

MATARAM – PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus memastikan stok BBM dan LPG dalam keadaan aman menghadapi momen arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024. Masyarakat tetap bisa beraktivitas dengan nyaman untuk melakukan perjalanan dan merayakan lebaran Idul Fitri.

“Masyarakat tidak perlu melakukan pembelian secara berlebih di awal, karena pasokan energi dipastikan selalu tersedia,” kata Pejabat Sementara Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Deny Sukendar, kemarin.

Menurutnya, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah melakukan serangkaian proyeksi dan kalkulasi terhadap konsumsi BBM pada masa Ramadan hingga arus mudik dan balik. Kondisi ini dibandingkan dengan konsumsi normal pada Januari 2024 di wilayah Jatimbalinus.

Ia menyebut bahwa untuk sektor transportasi, terdapat kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline (bensin) sebesar 11,8 persen dari rerata normal harian 18.225 kilo liter per hari. Jenis gasoil (diesel) turun sebesar 14,8 persen dari rerata normal harian 8.087 kilo liter per hari.

Baca Juga :  Beli BBM Pakai Aplikasi Bakal Bikin Susah Rakyat Miskin

Selanjutnya, untuk konsumsi Avtur penerbangan naik sebesar 2,6 persen dari rerata normal harian 2.868 kilo liter seiring dengan frekuensi penerbangan yang meningkat. Diproyeksikan pada puncak penerbangan arus mudik mulai 5 April, konsumsi Avtur naik 15 persen. Sementara pada puncak arus balik penerbangan 15 April mendatang konsumsinya naik 11 persen.

Selain itu, lanjut Deny, untuk sektor domestik rumah tangga, kenaikan konsumsi LPG diprediksi meningkat sebesar 5,3 persen dari konsumsi normal harian 5.920 metrik ton per hari. Jumlah ini terdiri dari LPG 3 kg naik sebesar 5 persen dari konsumsi normal 5.745 metrik ton per hari dan LPG non subsidi naik 12,6 persen dari konsumsi normal harian 175 metrik ton per hari.

Atas dasar tersebut Pertamina melakukan penebalan stock di angka 5-15 persen untuk BBM dan LPG di storage yang tersebar di seluruh Jatimbalinus, mulai dari tempat penyimpanan hingga lembaga penyalur yang melayani konsumen dengan tetap selektif memperhatikan peningkatan konsumsi harian.

Baca Juga :  Pertamina Sebut Penjualan BBM Pertamini Illegal

“Pertamina membentuk Satgas Ramadan dan Idul Fitri mulai tanggal 25 Maret – 21 April 2024 untuk memastikan pasokan, stok hingga distribusi aman,” ucapnya.

Selama periode Pertamina Siaga, dilakukan penambahan layanan berupa 100 Motorist Pertamina Delivery Service dan 15 kantong BBM berbentuk mobil tanki (Mobile Storage) se-Jatimbalinus. Kesemuanya akan disiagakan pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan konsentrasi pemudik serta destinasi wisata utama di Jatimbalinus. Kedua layanan tersebut untuk memangkas jarak supply dan mendekatkan energi ke konsumen.

“Selain itu kami menambah 15 Kiosk Modular Dispenser (Dispenser BBM Portable) untuk titik Rest Area yang tidak memiliki SPBU dan ditempatkan dibeberapa SPBU existing guna memecah antrian,” pungkasnya. (luk)

Komentar Anda