Perjuangan Warga Maringkik Mendapatkan Air Bersih

Lebih Baik tak Ada Beras Ketimbang tak Ada Air

Perjuangan Warga Maringkik Mendapatkan Air Bersih
AIR : Warga Maringkik yang kekurangan air bersih dan terpaksa membeli air.

Sulitnya air bersih membuat warga Desa Maringkik Kecamatan Keruak harus menunggu air surut untuk mendapatkan air bersih. Bagaimana tidak, air bersih selama berbulan-bulan tidak ada yang mengalir.


JANWARI IRWAN – LOTIM


Berada di Desa Maringkik tidak seperti berada di desa-desa lainnya di Lombok Timur. Maringkik merupakan desa yang berada di tengah laut dan tergolong desa terisolir  dengan jumlah penduduk sekitar 3000 jiwa.

BACA JUGA: Maringkik Lombok Timur Krisis Air Bersih

Desa yang dulunya masuk wilayah Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak ini berada di pulau yang jaraknya sekitar 4 kilometer dari daratan. Dengan jarak tempuh dari desa Tanjung Luar mengguanakn perahu dengan memakan waktu sekitar 20 menit. Desa yang warganya mayoritas bekerja sebagai nelayan ini hanya mengeluhkan minimnya air bersih.

“Kalau warga Maringkik ini dari dulu hanya mengeluhkan sulitnya air bersih, tidak seperti yang berada desa-desa lain,” kata H. Nanang, Selasa (8/5).

Ini bukan bukan hanya keluhan satu atau dua kali saja. Permasalahan air bersih adalah permasalahan lama dan berkali-kali dilaporkan oleh masyarakat ke pemerintah. Tetapi permasalahan ini tidak kunjung mendapat respon.” Bagaimana tidak dikeluhkan, air PDAM yang masuk ke Maringkik ini jarang sekali ada, kadang ada, kadang juga tidak,” katanya.

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut