Penerimaan Anggota Polri Disosialisasikan

FASHION SHOW : Personel kepolisian dari Polda NTB saat fashion show dalam kegiatan sosilisasi penerimaan anggoata Polri Tahun Anggaran 2017 di Jalan Udayana Kota Mataram, Minggu kemarin (5/3). (Ali Ma’shum/Radar Lombok)

MATARAM-Bermacam inovasi dilakukan Polda NTB untuk mensosialisasikan penerimaan anggota Polri Tahun Anggaran 2017.

Setelah melantik panitia penerimaan, sosialisasi ke masyarakat mulia gencar dilakukan. Seperti sosialiasi di ajang Car Free Day (CFD) di Jalan Udayan Kota Mataram Minggu kemarin (5/3). Ratusan personel Polda NTB dari berbagai satuan hadir di Jalan Udayana. Mereka menggunakan seragam berbeda. Sesuai dengan tempat tugas masing-masing. Puluhan mobil kepolisian juga berjejer rapi di ujung Utara Jalan Udayana Mataram. " Ini kita laksanakan secara humanis dan bisa diikuti oleh siapapun apapun status sosialnya," ujar AKBP Yulian Perdana Kabag Dalmas yang juga sekretaris panitia daerah penerimaan Polda NTB, kemarin.

[postingan number=3 tag=”polisi”]

Dalam kegiatan tersebut juga digunakan untuk menepis rumor yang selalu terdengar tiap tahun untuk  masuk kepolisian itu haru dengan cara membayar. " Itu hanya rumor dan tidak benar. Silahkan di buka saja di website www.penerimaanpolri.co.id," katanya.

Sosiliasasi ini juga digunakan untuk menekankan bahwa  rekrutmen  anggota Polri ini akan dilakukan tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Perekrutan ini juga mengedepankan prisip BETAH (Bersih, Transpara, Akuntable dan Humanis. ‘’Jadi tidak ada itu ceritanya bayar membayar, semuanya gratis,’’ jelasnya.

Ada yang menarik dalam sosiliasi ini. Panitia juga menampilkan peragaan busana (fashion show) yang menampilkan seragam dari berbagai satuan kepolisian.  Diantaranya, seragam utama kepolisian. Kemudian polisi pariwisata dari satuan Pamobvit. Disusul Ditpolair yang menampilkan seragam biru dan orange.  Satuan provost dengan baret birunya juga tidak ketinggalan menampilkan seragamnya. Berikutnya, satuan Brimob dengan seragam loreng dan hitamnya ikut berjalan menggunakan bahu jalan sebagai sarana catwalknya. Polisi satwa (K9) juga tak mau ketinggalan dalam fashion show ini dengan menenteng anjing pelacaknya.   Uniknya, Polwan berhijab juga terlihat anggun dalam fashion show ini. Semuanya terlihat tak canggung layakanya seorang model.

Menurut Yulian, fashion show ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat satuan-satuan yang ada di Polri. Satuan tugas ini selanjutnya mempunyai pungsi masing-masing." Bahwa polisi itu tugas pokoknya memang harkamtibmas dan banyak fungsinya, seperti pencegahan, penyidikan hukum dan pelayanan. Seperti pembuatan SIM, STNK dan sebagainya," jelasnya.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid