Hobi “Ngebrik” Bareng, Gelar Banyak Kegiatan Sosial

BERSIH-BERSIH : Pengurus RAPI bersama warga saat melaksanakan aktivitas bersih-bersih di Pantai Gading Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela kemarin.

Mereka bersama karena punya punya hobi yang sama, berkomunikasi satu sama lain menggunakan perangkat radio. Anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Mataram juga punya banyak kegiatan sosial.

 

 


ZULFAHMI-MATARAM


 

Di Mataram, kegiatan RAPI  banyak sekali. Mereka tidak hanya “ngebrik” bareng, melainkan juga melaksanakan banyak kegiatan sosial yang bermanfaat. Beberapa kali Radar Lombok mengikuti kegiatan organisasi ini mulai kegiatan internal seperti pemilihan pengurus, hingga kegiatan sosial mereka  seperti kegiatan penanaman mangrove, bersih-bersih pantai, pengamanan kegiatan-kegiatan besar, pertolongan bencana alam dan lain-lain.

Anggota RAPI rata-rata diatas 40 tahun. Meski begitu mereka selalu tangkas, siap sedia jika ada kegiatan sosial.

Kemarin misalnya, RAPI Kota Mataram menggelar kegiatan sosial berupa bersih-bersih sampah pantai tepatnya di Pantai Gading Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela. Kegiatan sosiaal ini diikuti oleh semua pengurus  dan anggota RAPI Kecamatan Sekarbela Mataram .

Pembina RAPI Kota Mataram I Gede Ardana mengatakan, apa yang sudah dilakukan oleh RAPI saat ini merupakan bukti pelaksanaan tugas pokok RAPI. Anggota tidak hanya senangn ngebrik, tetapi ada bukti kegiatan yang diberikan kepada masyarakat.

Tanggal 10 November mendatang RAPI genap berusia 36 tahun. Kegiatan bersih-bersih pantai ini digelar juga dalam rangka menyambut HUT RAPI Nasional. Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram. Kebersihan pantai adalah salah satu bentuk antisipasi bencana.

Ketua RAPI Wilayah Mataram Muhammad Zubirman (JZ15UJ) mengatakan, bakti sosial yang selama ini sudah dilakukan merupakan implementasi salah satu tugas dan fungsi serta visi-misi RAPI untuk meningkatkan peran serta organisasi dalam pengabdian kepada pemerintah dan masyarakat.”Ini salah satu bukti kami ada untuk masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan kemarin juga dihadiri oleh Kepala BPBD Kota Mataram Dedy Supriadi dan Camat Sekarbela Hariadi. Menurut Hariadi, RAPI di kecamatannnya cukup membantu. “ Setiap event di kecamatan RAPI selalu terlibat,” terangnya.

Termasuk pada kegiatan kali ini dimana RAPI bersama Pemkot, Lurah se- Kecamatan Sekarbela memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan bagi semua manusia pada umumnya dan lingkungan masing-masing khususnya destinasi wisata seperti pantai. Ini semua menjadi tanggung jawab bersama semua lapisan masyarakat.” Sampah tidak hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi tanggungjawab kita bersama,”  ungkapnya.(*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid