Penelitian Unram di Newmont Sudah Finish

PEMAPARAN: Pihak Unram memeparkan hasil kajian peninelitian yang dilakukan di Newmont terkait kondisi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat setempat (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM-Kerjasama antara pihak Universitas Mataram (Unram) selaku fasilitator penelitian dengan pihak PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) sudah finish.

Ini terbukti dengan pertemuan yang dilakukannya di Hotel Aston Inn Mataram.  Kedua pihak bertemu membahas hasil penelitian yang sudah dilaksanakan. Namun menurut keduanya dampak dari PT NNT selama beroperasi dari 1997 hingga 2016 sangat baik dan lebih banyak sisi positifnya.

Wakil Rektor I Unram, Prof Dr Lalu Wiresapta mengatakan, PT NNT beroperasi di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) cukup banyak sumbangsih terhadap perputaran ekonomi masyarakat setempat. Namun tidak dipungkiri dampak negatif juga pasti ada.

Dalam kesempatan itu, Unram disebutnya sangat tiga aspek dalam penelitiannya. Ketiga aspek tersebut yakni, segi sosial, budaya dan ekonomi. Dari ketiga aspek tersebut semuanya memiliki perubahan yang signifikan, bahkan sangat membantu masyarakat setempat dan masyarakat NTB secara umum. "Hasil penelitian kami, PT NNT memiliki banyak dampak positif terhadap masyarakat," kata Jumat (11/11).

Menurutnya, di daerah lingkar tambang PT NNT membawa perubahan ekonomi, budaya, lingkungan dan kesehatan secara cukup luas. Baik itu perubahan yang positif dan negatif. Adapun untuk perubahan bagi masyarakat lokal dalam beberapa tahun tidak kesulitan dalam beradaptasi.

Dampak positif lainnya yakni, PT NNT memberikan lapangan pekerjaan yang semakin banyak. Bagi warga sekitar, hal ini secara otomatis peluang kerja yang harus dimanfaatkan.

Ia lantas membeberkan sisi negatifnya dari segi sosial dan budaya. Kehadiran Newmont disebutnya membuat perubahan cara atau gaya hidup. Di mana masyarakat setempat karena dengan semakin  mudah mendapatkan uang, maka cara mempergunakannya juga cukup disayangkan. Misalnya dalam budaya gotong royong, orang orang yang merasa mampu tidak lagi langsung turun tangan, tapi cukup dengan memberikan warga sumbangan.

Sementara Manajer Social Responcibility PT NNT, H Syarafuddin Djarot mengatakan, terkait kerjasama yang dilakukannya dengan pihak Unram, memang sudah semestinya dilakukan pihaknya. Ini karena merupakan salah satu amanat dari Amdal yang ada. Di mana Newmont diwajibkan untuk memantau daerah lingkar tambang.

Adapun sejauh ini menurut pengamatannya juga, hasil yang disampaikan pihak Unram memang ada benarnya. Karena itu sudah terbukti, jika masyarakat setempat sudah banyak yang disejahterakan dari segi ekonomi.

Kemudian dari segi kesehatan, ungkapnya, juga terpenuhi, karena uang sudah memadai. Sementara untuk sisi positif yang didapatkan sesuai hasil penelitian, pihaknya yang dari PT NNT terus ditingkatkan.

Begitu juga dengan dampak negatifnya, pihaknya selalu melakukan perbaikan. Sehingga terbukti, selama PT NNT beroperasi tidak ada satupun yang merasa dirugikan. Malah menimbulkan kecemburuan sosial yang membangun, karena persaingan di wilayah tersebut kian ketat dan menjadikan daerah setempat lebih hidup. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid