Pemprov NTB Dapat Anugerah Dana Rakca

Muhammad Amin

MATARAM — Pemerintah pusat menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat sangat berhasil dalam sistem pengelolaan keuangan daerah.

Ditandai dengan diraihnya predikat Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pengelolaan keuangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama lima tahun berturut – turut. Atas prestasi itu, Pemprov NTB akan memperoleh  Anugerah Dana Rakca dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan pada  daerah yang dianggap mampu membenahi tata kelola keuangannya.  Atas prestasi itu, Pemprov NTB  mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 50 miliar lebih.“ Pemprov berhasil meraih penghargaan Anugerah Dana Rakca dari Kementerian Keuangan. NTB menempati peringkat kedua setelah DI Yogyakarta,” kata Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin  Rabu kemarin (7/12).

Dikatakan, Pemprov NTB  dinilai mampu dan berhasil menata dan mengefektifkan pengunaan anggarannya. Anugerah Dana Rakca akan diserahkan langsung Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, setelah penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2017 pada tanggal 15 Desember 2016 mendatang. “ Semua hasil kerja keras dari semua pihak. Tidak terkecuali pemda kabupaten kota,” ujar ketua DPW Partai Nasdem NTB itu.

BACA JUGA :  Tahun Ini Dikucurkan Rp 60 Triliun ke Desa

Disebutkan,  ada 80 pemerintah daerah yang diberi penghargaan. Ada 36 yang penyerahannya dilakukan di pusat. Tapi khusus enam provinsi terbaik, penyerahannya dilakukan langsung oleh Presiden, Joko Widodo di Istana Negara.

“ Pemkab Lombok Barat juga termasuk dengan urutan 35 dari 36 memperoleh penghargaan,”kata Amin.

Ia menjelaskan, raihan WTP itu ada beberapa tingkatan. Berdasarkan penilaian pusat, progres NTB tergolong baik dalam beberapa tahun terakhir. Makanya, kuota DID tahun 2017 dari Kemenkeu meningkatkan signifikan. Direncanakan DID yang diperoleh sebesar Rp 50 miliar lebih akan dipergunakan dan dimaksimalkan untuk mendorong pengentasan kemiskinan di NTB." Tentu DID ini akan digunakan pengentasan kemiskinan," lugasnya.

Kepala Biro Humas Pemprov NTB, Yusron Hadi, mengatakan, Anugerah Dana Rakca sebagai  salah satu kado istimewa diperoleh Provinsi NTB di ulang tahun ke- 58. " Salah prestasi dicapai Pemprov NTB di usia NTB ke- 58 Tahun," pungkasnya.(yan)