Pelatih PPLP Lobar Belum Terima Honor Enam Bulan

H. Arbain Ishak(Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Honor untuk para pelatih atlet di Pusat Pendidikan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Lombok Barat belum dibayar oleh Pemda. Totalnya enam bulan sejak Januari. Di Dinas Pemuda dan Olahraga Lobar, tidak ada anggaran untuk honor pelatih.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Barat, Arbain Ishak, saat ditemui di kantornya mengakui honor pelatih belum dibayarkan karena tidak ada dana. “ Memang belum dibayar. Bagaimana mau dibayar, anggaran belum ada,” jelasnya.

Arbain menjelaskan jangankan untuk membayar honor para pelatih, membayar honor pegawai Dispora saja belum bisa dilakukan karena tidak tersedianya anggaran.

Jumlah pelatih ada enam orang sesuai dengan jumlah cabang olahraga (Cabor) yang menjadi unggulan yakni Tenis Meja, Karate,Pencak Silat, Voli Putri, Voli Putra dan Atletik. “Kita ada enam cabor unggulan, jadi ada enam pelatih untuk PPLP,” tegasnya.

Baca Juga :  Fauzan Khalid Bertindak Tegas, Satu Kepala OPD Diturunkan Jabatannya jadi Kabid

Lantas kapan para pelatih bisa tarima honor? Ia tidak bisa memberikan kepastian kapan akan bisa dibayarkan, karena kondisi keuangan daerah yang memang seret. Anggaran untuk operasional kantor yang diusulkan saja belum bisa direalisasikan. “Kita usulkan GU saja tidak bisa dibayarkan, sabar saja kita tunggu,” ungkapnya.

Mekanisme penyusunan anggaran untuk pembayaran honor ini juga ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Dimana untuk honor para pelatih tidak bisa dianggarkan selama satu tahun anggaran. Namun yang pasti karena adanya refocusing, anggaran untuk honor tidak bisa diusulkan untuk sekian bulan.” Tidak bisa sekali usulan anggaran lagi,” katanya.

Keterbatasan anggaran ini juga tidak hanya berdampak pada pelatih. Kegiatan Paskibraka juga belum ada tersedia anggarannya. Dinas tidak berani memastikan nanti apakah ada Paskibraka pada perayaan HUT RI 17 Agustus mendatang.

Baca Juga :  Kasus RTG Sigerongan Jalan di Tempat

Meskipun honor belum dibayarkan ia  berharap para pelatih tetap memberikan latihan kepada para atlet agar para atlet tetap semangat dalam mengikuti latihan. Karena kedepannya akan ada beberapa event yang akan digelar, baik di tingkat kabupaten maupun ditingkatkan provinsi.

Untuk kegiatan latihan PPLP, Dinas Dispora tetap melakukan pemantauan aktivitas latihan para atlet, melalui bidang olahraga yang intens memantau aktivitas latihan.”Untuk kegiatan latihan, dipantau oleh bidang,” katanya.

Karena bagaimanapun juga Lombok Barat harus mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa event olahraga seperti Porprov dan yang lainnya.(ami)