Pantau Malam Takbiran Ditengah Pandemi, Forkopimda NTB Gelar Patroli Bersama

PATROLI BLUE LIGHT: Gubernur NTB, Kapolda NTB, dan Danrem 162/WB, memimpin Patroli Blue Light, keliling jalan-jalan di Kota Mataram untuk memantau malam takbiran ditengah pandemi, sekaligus menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap patuh anjuran pemerintah. (penrem for radarlombok.co.id)

MATARAM—Apel pengecekan persiapan pelaksanaan patroli gabungan dalam rangka sosialisasi atau memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak menyelenggarkan takbiran keliling dan salat Idul Fitri 1441 Hijriah, guna pencegahan penyebaran Covid-19, dipimpim oleh Gubernur NTB, didampingi Kapolda NTB, dan Danrem 162/WB, bertempat di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, Sabtu malam (23/5/2020).

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, dalam sambutan menyampaikan, bahwa Patroli Gabungan bersekala besar yang dilaksanakan tersebut, sebagai upaya memberikan imbauam kepada masyarakat untuk tidak menyelenggarakan takbiran dan salat Idhul Fitri di masjid ataupun lapangan.

Seperti diketahui bersama, menjelang pelaksanaan salat Idul Fitri, semalam sebelumnya biasanya masyarakat melaksanakan pawai takbiran keliling. Namun saat ini ,ditengah pandemi Covid-19, maka kegiatan tersebut ditiadakan, atau dibatasi, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi NTB.

Kesempatan tersebut, Gubernur juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, dan selamat menjalankan tugas kepada semua anggota TNI/Polri, serta seluruh peserta apel patroli gabungan.

Usai apel, pengecekan dilanjutkan patroli gabungan dengan menyisir tempat-tempat keramaian dan masjid di wilayah Kota Mataram, dengan rute di Jalan Langko – Islamic Center – Jalan Airlangga – Jalan Pendidikan – Jalan Majapahit – Malomba – Jalan Langko – Masjid Al Mutaqqin – Lingkungan Banjar Kelurahan Dasan Agung – Masjid Raudatul Mutaqqin Dasan Agung – Islamic Center, menggunakan kendaraan roda 4 dan roda 2.

Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K, dalam wawancara bersama awak media menyampaikan,  patroli gabungan yang dipimpin oleh Gubernur NTB beserta unsur TNI-Polri ini, dalam rangka menyapa masyarakat Kota Mataram pada khususnya, dan NTB pada umumnya.

Hal ini dilakukan oleh unsur TNI-Polri di seluruh NTB, yang hendak menyampaikan dan mengirimkan pesan bahwa TNI-Polri hadir di tengah masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Untuk itu, kami mengimbau agar kegiatan takbiran dan salat Idul Fitri bisa dilakukan di rumah saja,” kata Iqbal.

Sejalan dengan Kapolda NTB, Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan, maka pimpinan Korem 162/WB dan jajarannya akan mendukung penuh segala kegiatan yang diselenggarakan oleh jajaran Polda NTB, yakni bekerjasama bahu membahu untuk menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri yang berpedoman ataupun sesuai dengan prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kami juga sudah melihat ada beberapa titik-titik yang sudah menyiapkan masjidnya untuk melaksanakan salat Idul Fitri, dan sudah kami cek sudah memenuhi protokol Covid-19, mulai dari pintu masuk sampai dengan pelaksanaan salat, dan bagaimana mereka keluar dari tempat ibadah mereka sudah siapkan sedemikian rupa. Sehingga dengan pengaturan tersebut, tidak terjadi pengumpulan orang di tempat-tempat ibadah,” jelas Danrem.

“Mudah-mudahan ini berjalan sesuai dengan rencana, agar tidak terjadi lagi penularan-penularan Covid-19 di Nusa Tenggara Barat,” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Dandim 1606/Lobar, Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, Kabinda NTB, PJU Polda NTB, Kapolresta Mataram, Kadishub NTB, serta personel gabungan TNI-Polri, Denpom IX-2/Mataram, Satpol PP Prov. NTB dan Dishub Prov. NTB.

APEL PASUKAN: Sebelum melaksanakan Patroli Blue Light, keliling Kota Mataram untuk memantau malam takbiran ditengah pandemi, Gubernur NTB, Kapolda NTB, dan Danrem 162/WB, terlihat memimpin apel pasukan di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB. (polda ntb for radarlombok.co.id)

Senada, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto S.I.K, M.Si, menyampaikan bahwa gelar patroli gabungan berskala besar, atau Patroli Blue Light ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menunjukkan kesiapsiagaan TNI-Polri dalam mengayomi dan melayani masyarakat. “Selain itu, kegiatan ini juga terlaksana untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Kota Mataram, jelang Idul Fitri,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Polda NTB menerjunkan ratusan personel, diantaranya dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas), Direktorat Samapta, Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pamobvit), Brimob, Polresta Mataram dan Bhabinkamtibmas serta  personil dari jajaran TNI dan Satpol PP.

“Dengan memanfaatkan sarana kendaraan dinas dari masing-masing direktorat dan satuan, patroli digelar dengan formasi satu barisan,” bebernya.

Kabid Humas juga menyampaikan, dalam giat ini memanfaatkan “blue light”, atau lampu biru dari rotator setiap kendaraan dinas. “Dengan sarana ini, kita ingin memberikan tanda ke masyarakat agar yang sedang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramahan ini merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Dalam giatnya, kepolisian juga turut memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya yang berada di jalan untuk tetap waspada dari gangguan tindak kejahatan maupun tetap menjaga keselamatan dalam berkendara di jalan raya. “Tetap gunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker untuk menjaga kesehatan, dan upayakan hidup bersih dengan tetap mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari penularan Covid-19,” pungkas Artanto. (der)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaTNI-Polri Jamin Keamanan Malam Takbiran dan Idul Fitri 1441 H
Berita berikutnyaBeraksi di 11 Titik, Pembobol ATM Didor Polisi