NW dan Muhamadiyah Galang Dana Rohingya

H Hasanuddin (CR-AP/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Sebagai rasa kemanusiaan dan satu akidah terhadap musibah yang dialami oleh ummat Islam Rogingya, yang ada di Negara Filipina.

Oraganisasi Nahdlatul Wathan (NW) dan Muhamaddiyah  Lombok Tengah (Loteng), bakal menjadi inisiator, penggalangan dana. Pengurus NW Loteng, H Hasanuddin Al Wakani kepada Radar Lombok, Selasa (22/11) kemarin mengatakan, sebagai ummat islam satu akidah dan rasa kemanusiaan terhadap penderitaan yang dialami oleh Muslim Rohingnya.

NW dan Muhamaddiyah, merencanakan aksi penggalangan dana, dimana hasil dari penggalangan dana tersebut, nantinya akan dikirimkan ke muslim Rohingya. “ Pengurus NW bersama Muhammadiyah, akan melakukan penggalangan dana untuk Muslim Rohingya, dan ini merupakan salah satu bentuk, kemanusiaan dan satu aqidah,” katanya.

Selain dengan Muhamaddiyah, pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan pengurus Nahdlatul Ulama (NU), sebagai orams islam besar di Indonesia. “Penggalangan dana perdana ini, kita baru sepakat dengan dua organisasi, yakni NW dan Muhamaddiyah, insyaallah sambil jalan kita juga akan minta organisasi NU,” sebutnya.

Adapun kantong kantong sebagai lokasi penggalangan dana, pihaknya telah memilih lokasi lokasi yang setrategis, seperti di pertokoan, Jalan raya, mini market, SPBU, Pasar, Alun Alus Tastura dan beberapa lokasi lainnya.

Selain itu, seluruh madrasah NW, juga pihaknya akan mengirimkan surat permakluman, minimal setiap hari Jum’at, dijadikan sebagai hari kasih sayang dan penggalangan dana. Untuk penggalangan dana di setiap madrasah lanjutnya, nantinya akan dikamandoi oleh Muslimat NW, Pemuda NW  dan beberapa pimpinan ormas lainnya. “Rencana awal, penggalangan dana ini kita akan coba satu pekan, dan kita targetkan Rp 100 juta,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Pathurrahman pengurus Muhamaddiyah, apa yang dilaksanakan ini, pihaknya mengharapkan, hati ummat islam pada khususnya dan non muslim, terketuk hatinya, untuk berbagi. Selanjutnya nanti, dari hasil penggalangan dana tersebut, akan dikirimkan ke muslim Rohingya melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT), yang berpusat di Jakarta. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid