Mohan : Jaga Ketertiban Selama Puasa

H. Mohan Roliskana (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Pemerintah Kota Mataram menjamin kenyamanan dan keamanan warga Kota Mataram dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan untuk menjamin kenyamanan dan kehusyu’an warga dalam menjalankan ibadah puasa, Pemkot sudah mengeluarkan imbauan. Dalam surat edaran tersebut Pemkot dengan tegas mengingatkan warga untuk tidak menjual apalagi membunyikan petasan.” Percayakan sama kami pemerintah untuk menjamin kenyamanan warga dalam menjalankan ibadah,” tegas Mohan saat ditemui kemarin. (29/5).

Ia menjelaskan, edaran itu berupa larangan berjualan pada siang hari untuk rumah makan  dan tentunya akan ditindak lanjuti dengan pengawasan lapangan oleh Pol PP.” Edaran yang sudah kita buat pasti akan diawasi oleh Pol PP,” tegasnya.

Oleh karena dalam pengawasan keamanan dan kenyamanan selama bulan puasa Mohan meminta Ormas untuk tidak perlu ikut melakukan pengawasan atau sweeping. Mohan mengimbau warga untuk saling menjaga toleransi.

Sementara itu Kapolres Mataram AKBP Muhammad menegaskan selama bulan puasa Polres Mataram juga mengeluarkan maklumat dimana dalam maklumat tersebut disampaikan agar masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban umum selama bulan puasa. Jika ada yang ditemukan membunyikan petasan, kepolisian akan memberikan tindakan tegas. Pasal yang dikenakan yakni pasal mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.” Kalau ada yang ditemukan siap-siapa untuk menginap di hotel prodeo,” tegas Muhammad.

Dari hari pertama pelaksanaan puasa, Polres Mataram rutin melakukan patroli. Pihaknya belum menemukan petasan atau mercon yang dijual bebas. Yang banyak dijual hanya kembang api. Penjualan kembang api sudah ada izinnya sehingga tidak ditindak.

Muhammad menjamin dari hasil sweeping tidak ada petasan yang ditemukan. Ia menjamin warga bisa menjaga keamanan.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid