Miniatur Masjid Terbaik Dipajang di Arena MTQ

MATARAM – Panitia pawai takbir 1 Syawal 1437 Hijriyah KNPI Kota Mataram akan memberikan penghargaan yakni akan memajang miniatur masjid terbaik yang dibuat masyarakat  di arena MTQ nasional mendatang.

Ketua panitia pawai takbir Arif Satriawan mengatakan, miniatur-miniatur terbaik saat pawai takbiran nanti akan diambil oleh panitia untuk dipajang di arena MTQ nasional dan di beberapa jalan utama.” Panitia sudah sepakat akan kita pajang miniatur-miniatur tersebut,” ungkap Arif saat ditemui usai rapat panitia di kantor Walikota Mataram kemarin.

Miniatur terbaik milik remaja masjid akan ditampilkan  di sepanjang jalan menuju arena MTQ misalnya di Jalan Udayana, Jalan  Pejanggik atau di daerah yang akan dilalui oleh kafilah saat pawai.

Dari catatan yang dimiliki oleh panitia, diperkirakan ada sekitar 120 sampai 135 remaja masjid yang akan ikut menyemarakkan pawai takbir. Untuk pembuatan miniatur, remaja masjid diberikan kebebasan berekspresi.

“Pesertanya dari semua remaja masjid di Kota Mataram,” tegasnya.

Sekarang ini ada beberapa remaja masjid yang sudah mendaftar di panitia. Pawai takbir akan dilaksanakan serempak di enam kecamatan. “Nanti masing-masing kecamatan akan melepas sendiri pawai takbirannya,” tambahnya.

Hanya di Lapangan Sangkareang saja nanti dua kecamatan digabung menjadi satu yakni Kecamatan Selaparang dan Kecamatan Mataram.” Pusatnya di Sangkareang yang akan dibuka oleh walikota,” ungkapnya.

Pawai takbir ini bukan dilombakan, melainkan lebih kepada penilaian terhadap peserta penyaji terbaik. Sajian terbaik yang menjadi penilaian tim dewan juri berkaitan dengan tampilan miniatur, penyajian takbiran, kekompakan selama pawai, baik dari segi busana dan barisan.

Tema pawai takbir tahun ini adalah “Semarak Takbir 1437 Hijriah Remaja Masjid Se Kota Mataram Siap Menyambut dan Menyukseskan MTQ 2016 Menuju Mataram Maju Religius dan Berbudaya.(ami)

BACA JUGA :  MTQ XXVII Lotim Digelar di Masbagik