Mengenal Ghandewa Bumandhala Airsoft Club (GBAC) NTB

Klub Tertua di NTB, Langganan Even Nasional dan Internasional

Ghandewa Bumandhala Airsoft Club (GBAC) NTB
AIRSOFT: Anggota GBAC saat mengikuti kegiatan belum lama ini. (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

Pecinta olahraga airsoft di NTB kini memiliki beberapa komunitas. Salah satunya adalah Ghandewa Bumandala Airsof Club (GBAC). Bagaimana kiprahnya selama ini?.


ALI MA’SHUM – MATARAM


JENIS olahraga yang berasal dari hobi banyak macamnya. Salah satunya adalah olaharaga airsoft. Airsoft adalah salah satu olahraga atau juga permainan, yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian. Olahraga ini menggunakan reflika senjata api yang disebut airsoft gun.

Permainan ini sekitar tahun 1970-an dimulai di Jepang. Saat itu, kepemilikan senjat api sangat sulit dan tidak mungkin didapatkan. Ini disebabkan oleh ketatnya peraturan. Pecinta senjata api lalu mencari alternatif legal untuk menyalurkan hobi mereka. Yaitu dengan membuat reflika senjata yang tentunya adalah senjata mainan.

Pecinta airsoft juga mengaplikasikan strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan. Ini jika tergabung dalam suatu komunitas. GBAC awalnya bernama Wira Bakti Airsoft Club (WBAC) NTB. Namun seiring berjalannya waktu, nama itu berubah menjadi GBAC. GBAC ini disebut-sebut sebagai club airsoft tertua di NTB. ‘’Sebelum berubah nama, klub kami bisa dikatakan klub airsoft tertua di NTB. Kalau GBAC, beridir 28 April 2018,’’ ujar ketua GBAC wilayah Mataram, Rangga Haryo Notokusumo kepada Radar Lombok di Mataram.