Longsor di Mesanggok Lobar, Satu Rumah Tertimpa Batu

LONGSOR : Kondisi rumah warga Desa Mesanggok yang tertimpa batu saat longsor, Sabtu (28/11). (IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Satu rumah warga di Dusun Karang Paok Desa Mesanggok Kecamatan Gerung diterjang batu besat saat terjadi longsor, Sabtu (27/11). Dinding rumah milik warga bernama Marwan ini jebol. Beruntung tidak ada korban jiwa karena pemilik rumah tidak sedang berada di dalam rumah saat kejadian.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lobar, H. Tohri, menjelaskan, longsor terjadi sekitar pukul 15.00 Wita. “ Di rumah tersebut dihuni oleh empat orang,” terang Tohri saat dikonfirmasi kemarin.

Pemilik masih masih tetap bertahan di rumahnya. Tetapi sebagai langkah antisipasi, pemilik diminta tetap waspada karena ada potensi longsor susulan. Apalagi dari hasil pemeriksaan petugas masih ada batu yang belum jatuh di atas bukit. “Kita minta ketika turun hujan agar waspada, karena kita sempat naik, di atas bukit cukup ada potensi ancaman batu lagi yang akan jatuh,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Tidak Boleh Ada Pesta Kembang Api di Hotel

Pemilik rumah kaget dengan kejadian ini. Karena trauma, sebagian anggota keluarga diungsikan ke rumah keluarga yang lebih aman. Rencananya BPBD akan memberikan bantuan pada hari ini berupa beras, tikar, selimut, mie instan dan ember. “ Besok pagi (hari ini_red) akan kita berikan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Kembangkan Gunung Jae, Lobar Minta Bantuan Pusat

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lombok Barat, H. Hartono Ahmad, menambahkan, rumah korban berada di bawah bukit. Pihaknya sudah melakukan komunikasi agar untuk sementara pemilik jangan masuk rumah dulu sampai musim hujan selesai.”Korban ini sendirian bangun rumah di sana, kita imbau agar mengungsi dulu sampai selesai musim hujan. Kita hindari adanya korban jiwa. Makanya kita imbau untuk mengungsi,” imbuhnya. (ami)