Lanal Mataram Bersama TNI-POLRI Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

PENANGGULANGAN BENCANA: Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram, Kolonel Laut Djawara Whimbo, melakukan inspeksi pasukan sebelum gelar latihan penanggulangan bencana di Mako Lanal Mataram.

MATARAM–Lanal Mataram Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Bersama TNI POLRI dan instansi terkait, yang dibuka oleh Komandan Pangkalan TNI Al (Lanal) Mataram Kolonel Laut Djawara Whimbo, bertempat di Mako Lanal Mataram, Jalan Malomba, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Selasa (28/06/2022).

Pelatihan digelar selama 2 (dua) hari yang diikuti sekitar 250 peserta dari Lanal Mataram, TNI-Polri wilayah Lombok, Basarnas, BPBD Provinsi NTB, BMKG NTB, PMI, Pramuka Saka Bahari dan stakeholder terkait se pulau Lombok.

Kegiatan latihan penanggulangan bencana yang dilaksanakan oleh Lanal Mataram ini merupakan salah satu program kerja yang dicanangkan oleh Spotmar Lanal Mataram dan Mabes TNI AL dengan menggambil tema “Melalu Pelatihan Penanggulangan Bencana, Kita Tingkatkan Pengetahuan Dan Kemampuan Masyarakat Tentang Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Wilayah Pesisir”.

“Pelatihan Gulben ini merupakan bentuk sinergitas dari Pemerintah provinsi NTB, Lanal Mataram dan stakeholder terkait yang tujuannya untuk melatih masyarakat agar lebih tanggap, waspada dan siap siaga serta memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” kata Danlanal Mataram dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pangkalan TNI AL Banjarmasin Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Pesisir

Menurutnya, Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan daerah dengan kerawanan bencana alam yang tinggi seperti banjir, banjir rob, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan, gelombang tinggi, gempa bumi dan Tsunami serta bencana alam lainya.

“Dengan terselenggaranya Latihan Penanggulangan Bencana secara berkala, masyarakat dapat mengidentifikasi titik evakuasi dan perlindungan yang dinilai paling aman, sehingga meminimalisir terjadinya jatuh korban. Masyarakat juga nantinya akan terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana menuju Indonesia Tangguh Bencana,” terang Djawara.

Danlanal juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perintah dari Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, untuk selalu menjaga kepercayaan kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca Juga :  Rangkaian HUT TNI AL ke-76, Lanal Banjarmasin Gencar Servak Covid-19

Pelaksanaan terdiri dari teori dan geladi posko yang diselenggarakan di Mako Lanal Mataram pada Selasa (28/06/2022), dan latihan simulasi penanggulangan yang dilaksanakan di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara pada Rabu (29/06/2022)

Pelaksanaan latihan simulasi penanggulangan berupa bencana gempa bumi dengan skala 7,5 SR yang mengakibatkan banyak bangunan roboh dan korban serta evakuasi korban ditenda-tenda revakuasi yang telah disediakan seperti tenda posko tanggap darurat bencana, posko pengungsi, posko pencarian/pertolongan, posko kesehatan dan posko trauma healing serta posko pendukung lainnya.

Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara, Paban V Bakti TNI AL Spotmar TN AL, Pabandya Gulben Spotmar TNI AL, Pabanda Pabandya Evalap Ban I Ren Spotmar TNI AL, Danlanud ZAM, Dandim 1606 Mataram serta stakeholder terkait lainnya. (RL)