Kinerja Lurah akan Dievaluasi

Dr. Muazzar Habibi (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Tidak hanya kinerja pejabat eselon II yang dievaluasi oleh kepala daerah melalui proses assessment  pejabat, melainkan juga kinerja para Lurah.

Tim asesor lapangan akan mengumpulkan Lurah se-Kota Mataram. Evaluasi kinerja Lurah akan dilaksanakan di kantor Camat masing-masing. Penjelasan ini disampaikan oleh Ketua Tim Assessment Dr. Muazzar Habibi kepada Radar Lombok kemarin.

Penilaian kinerja Lurah sama modelnya dengan penilaian terhadap kinerja pejabat pimpinan SKPD yakni berkaitan dengan kepemimpinan. Tim mencari tahu bagaimana kemampuan Lurah memimpin. Tim juga akan mencari tahu inovasi dan kreativitas apa yang dilakukan Lurah dalam rangka meningkatkan pelayanan. Selain itu tim mencari tahu tentang kemampuan pengorganisasian warga oleh Lurah, serta memantau aspek keamanan dan ketertiban di bawah kepemimpinan Lurah.” Hal-hal seperti ini akan dipertegas ke para Lurah,” tegasnya.

Misalnya saat ini ada kasus peredaran Tramadol, salah satu obat keras, di tengah-tengah masyarakat. Tim akan mempertanyakan model pengawasan oleh Lurah dan jajarannya.  Begitu juga soal lain terutama menyangkut keamanan. Asesor akan mencari tahu sampai dimana program kerja para Lurah berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kalau ada Lurah yang wilayahnya tidak aman,  berarti perannya dalam hal menciptakan keamanan dan keharmonisan di masyarakat tidak jalan. “ Pekan ini akan dilakukan evaluasi untuk Lurah,” ungkapnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid