Ketum PTI Buka HTN Ke-56

PRAYA-Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia Himpunan Kerukukan Tani Indonesia (HKTI), Fary Djemy Francis resmi membuka rangkaian kegiatan Hari Tani Nasional (HTN) ke-56.

Pembukaan ini dipusatkan di Alun-Alun Tastura Praya, Jumat (23/9). Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPD Gerindra NTB, Willgo Zainar, anggota Komisi V DPR RI, Bupati HM Suhaili FT, Wabup L Pathul Bahri, dan sejumlah elit politik dan tamu undangan lainnya.

Fary Djemy Francis aalam pidatonya memaparkan, sebelum memilih Lombok Tengah sebagai pusat pelaksanaan HTN ke 56. Panitia jauh sebelumnya sudah melakukan survei ke sejumlah daerah di Indonesia. Alhasil, panitia kemudian menunjuk Lombok Tengah sebagai lokasi dengan berbagai alasan pendukung tentunya. “Kurang lebih tiga bulan panitia pusat melakukan survei. Dari hasil survei tersebut, Lombok Tengah paling layak ditempai,” kata Fary.

Menurutnya, ada beberapa penilaian yang menjadi acuan sehingga berani menentukan lokasi pelaksanaan. Di antaranya, keantusiasan petaninya tinggi, kesiapan tempat oleh tuan rumah, termasuk peran pemuda dalam pertanian. Partisipasi tersebut menjadi salah satu barometer untuk menentukan kelayakan Lombok Tengah, menjadi tuan rumah.

Fary melaporkan serangkaian kegiatan yang akan dihelat dalam merayakan HTN ke 56 ini. Seperti, pameran hasil pertanian, panen raya, lomba dan hiburan. Di mana untuk hiburan ini, pihaknya sudah menyerahkan ke pantia lokal dan pusat agar bisa dilaksanakan sesuai rencana. “Yang jelas untuk hiburan, semua izin sudah selesai dan kami pastikan semuanya akan hadir. Saya sendiri telah menyerahkan sepenuhnya kepada panitia lokal dan pusat,” ungkapnya.

Dikatakan, dalam HTN ini bukan hanya dihadiri tamu dari dalam negeri saja. Tetapi juga dari luar negeri. Istri mantan Perdana Menteri Thailand, juga infonya berkesempatan hadir. Dia akan membawa hasil pertanian negaranya.

Hadirnya sejumlah pejabat tinggi luar negeri ini, pihaknya menilai kalau perhatian mereka terhadap pertanian cukup tinggi. Sebab, tanpa petani negara ini tidak akan berkembang dan maju. ‘’Para pejabat bahkan semua rakyat tidak akan bisa makan tanpa perjuangan para petani,’’ tutupnya.

Sementara Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT mengaku bangga atas telah dipilihnya Lombok Tengah sebagai lokasi pelaksanaan HTN ini. Sebagai tuan rumah, pihaknya telah melakukan koordinasi dan pemantapan dengan semua SKPD. Di mana semua SKPD telah diamanatkan untuk mengambil peran dalam mensukseskan pelaksanaan HTN ini.

Untuk diketahui lanjutnya, mengingat HUT Lombok Tengah ke 71, yang jatuh pada bulan Oktober mendatang. Pihaknya telah menyatukan kegiatan ini sebagai rangkaian dari HUT Lombok Tengah. “Saya atas nama masyarakat Lombok Tengah berterimakasih kepada Ketua DPD Gerindra NTB dan Ketua Pemuda Tani Indonesia, yang telah menunjuk Lombok Tengah sebagai lokasi kegiatan. Kami siap mensukseskan itu,” katanya.

Ditambahkan Suhaili, masyarakat Lombok Tengah lebih banyak berpenghasilan dari pertanian. Dengan digelarnya pelaksanaan HTN ini, diharapkan bakal mampu memberikan kontribusi. Sehingga pada masa mendatang, tingkat penghasilan pertanian terus mengalami peningkatan.

Suhaili juga berharap, apa yang menjadi keluhan petani selama bisa disikapi kedepannya. “Kami harapkan kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial semata. Tapi ada gebrakan baru mengingat setiap tahunnya petani selalu dikeluhkan dengan kebutuhan mereka, baik dalam pengadaan bibit, pupuk dan yang lainnya,” sebutnya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut