Panitia HTN Mantapkan Persiapan

PEMANTAPAN: Bupati Lombok Tengah selaku penanggung jawab panitia lokal HTN bersama panitia pusat memantapkan persiapan acara tesebut (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Panitia lokal dan pusat memantapkan persiapan persiapan H-1 pelaksanaan Hari Tani Nusantara (HTN) ke 56.

     Pemantapan ini dipimpin langsung Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT di pendapanya, kemarin (21/9). Hadir dalam kesempatan itu 6 orang panitia pusat dan seluruh panitia lokal. Mulai dari bupati, wakil bupati, sekda, dan  kepala SKPD tertentu. Bupati Suhaili dalam arahannya menyebutkan, panitia pusat diharapkan menyerahkan sepenuhnya kepada panitia lokal prihal desain penataan pusat pelaksanaan HTN ke 56.

     Sebab, secara langsung panitia lokal selaku tuan rumah sudah mengerti dengan keadaan di pusat kegiatan. Sehingga sedikit tidak bagaimana cara menata agar pelaksanaan HTN ini lebih meriah, panitia lokal sudah mengerti. “Kita selaku panitia lokal atau yang ketempatan tempat sudah mengerti dengan kondisinya. Jadi kami harapkan panitia pusat mempercayakan kami,” katanya.

     Bupati meminta kepada semua SKPD untuk berpengku tangan melihat acara itu. Dia meminta semua SKPD itu serta membantu mensukseskan acara nasional tersebut. Sebab, pastinya akan ada perwakilan semua provinsi dan daerah bakal hadir. “Semua harus bergerak, tidak ada istilahnya ketua sekretaris. Intinya semua SKPD harus ikut memeriahkan acara ini,” pintanya.

     Dalam acara itu, Suhaili juga akan mengundang 20 ribu anak yatim. Setiap kecamatan harus mendata semua anak yatim di wilayahnya. Pemkab telah menyiapkan 10 ekor sapi untuk dipotong dan akan dilakukan makan bersama anak yatim.

     Suhaili juga mengingatkan, masyarakat Lombok Tengah jangan hanya memandang dari sisi seremonialnya saja. Atau, banyaknya artis papan atas yang akan datang. ‘’Namun mari kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu agenda besar untuk bisa mengubah pola pikir masyarakat lebih maju, terutama di bidang pertanian,’’ ajaknya.

     Ditambahkan Ketua Pemuda Tani NTB, Lalu Suparlan, pandangan desain panitia pusat dan lokal HTN ini tidak jauh beda. Sehingga panitia pusat telah menyerahkan sepenuhnya kepada panitia lokal, khususnya terkait dengan penataan. Namun, panitia pusat akan tetap fokus pada panggung utama.

     Sebab, dalam acara ini beberapa menteri, khususnya Menteri Pertanian, Arman Sulaeman akan tiba di lokasi sehari sebelum puncak pelaksanaan.

Kegiatan HTN ini ada 2 lokai yang sudah ditunjuk sebagai tempat pusat kegiatan. Yaitu di Alun-Alun Tastura sebagai pusat promosi dan pameran hasil pertanian seluruh Indonesia.  “Ada 2000 peserta yang sudah mendaftar ikut dalam pameran ini,” cetusnya.

     Sedangkan di lapangan bundar atau lokasi utama, akan dilakukan empat kegiatan mulai dari tanggal 23 hingga 26 September. Yakni hiburan artis papan atas Geisha tanggal 23, kemudian tanggal 24 dangdut, diantaranya Viola Arsa, Lesti dan beberapa pendangdut KDI lainnya. Usai pelaksanaan HTN tanggal 25 akan dihibur oleh Slank, dan pada malamnya tanggal 26 penutup kegiatan akan dihibur oleh Iwan Pals.

     Selanjutnya terkait tamu undangan atau tamu negara, panitia telah memilih IPDN, sebagai lokasi tempat istirahat dan yang lainnya. Dipilihnya IPDN dinilai paling dekat dan mampu menampung tamu undangan. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut