Karman BM: Mandalika Adalah Triger Komodifikasi Potensi Alam Sekitar

SIRKUIT: Aktifis kepemudaan , Karman BM foto di depan gerbang Sirkuit Mandalika, usai menyaksikan balap motor IATC di Pertamina Mandalika International Street Circuit. (ist for radarlombok)

MATARAM–Peresmian Sirkuit Mandalika di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah oleh Presiden Joko Widodo, disambut antusias masyarakat Lombok dan NTB secara umum.

Hal ini nampak dari sambutan masyarakat sekitar kawasan Mandalika, yang berbondong-bondong datang ke lokasi peresmian, Jumat 12 November 2021.

Kehadiran Jokowi juga untuk meresmikan jalan By Pass sepanjang 17,3 KM penghubung Bandara Internasional Lombok ke Kawasan Mandalika. Presiden Jokowi juga menginap satu malam di Hotel Novotel Kuta dan menghadiri KTT APEC secara virtual dari kawasan Mandalika.

“Dari wajah dan raut muka masyarakat sangat gembira dan antusias menyambut Presiden Jokowi dan juga berbangga dengan diresmikannya Sirkuit Mandalika,” kata aktivis kepemudaan, Karman BM, Sabtu 13 November 2021 melalui releasnya, usai menyaksikan perhelatan perdana balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di sirkuit Mandalika.

Karman mengatakan, suasana penuh kegembiraan dan antusiasme sangat terasa. Tak hanya deretan para pejabat pusat, Pemprov NTB, dan Pemkab Lombok Tengah, masyarakat pun seperti berbagi kebahagiaan dan optimisme itu.

“Dari peresmian Sirkuit Mandalika dan gelaran perdana IATC 2021 hari ini, saya bisa lihat bahwa everybody happy dengan sirkuit Mandalika,” ujar Bang Karman, sapaan akrabnya.

BACA JUGA :  Kasus Positif Covid-19 Tinggi, Tokoh Pemuda Imbau Warga Taat Prokes

“Situasi sangat ramai. Hilir mudik masyarakat di kawasan mandalika padat sekali. Warga yang tak kebagian tempat saya liat ada yang nonton melalui atas mobil yang parkir. Antusiasme dan optimisme yang tinggi,” tambahnya

Menurut Karman, peresmian sirkuit Mandalika bisa menjadi momentum untuk kemajuan daerah Nusa Tenggara Barat ini.

Sebab, tak hanya akan berdampak pada peningkatan kunjungan angka wisatawan mancanegara dan peningkatan ekonomi daerah, sirkuit Mandalika dan kawasan The Mandalika secara keseluruhan diproyeksi mampu menyerap ribuan tenaga kerja.

“Ini triger supaya pemerintah daerah mikir keras untuk memikirkan upaya komodifikasi potensi wisata lainnya. Supaya wisatawan diberikan pilihan lain disamping mandalika” imbuh pria yang sering dirinya Buzzer Kebaikan itu

Ia mengatakan event IATC 2021 yang saat ini digelar di Sirkuit Mandalika, serta World Superbike (WSBK) Mandalika 19-21 November mendatang akan menjadi test case terbaik untuk NTB. Mata dunia tertuju ke Lombok, Indonesia, dengan perhelatan balap motor bergengsi itu.

BACA JUGA :  Karman BM: Ayo Wujudkan Mandalika Jadi Ikon Baru Indonesia di Dunia

“IATC dan WSBK Mandalika ini test case terbaik. Dan menjadi triger pengembangan destinasi di NTB, yang mampu dipromosikan melalui Mandalika. Setelah itu tentu optimisme akan semakin terbangun untuk kemajuan daerah ini,” katanya.

Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah seri terakhir World Superbike (WSBK) Indonesia pada 19-21 November 2021.

WSBK Indonesia di Mandalika bakal jadi penentu persaingan juara antara Jonathan Rea dan Toprak Razgatiloglu. Persiapan penyelenggaraan balapan pemungkas WBSK di Mandalika ini pun disebut telah mencapai tahap final.

Lintasan balap sepanjang 4,4 KM telah selesai pengerjaannya dan tribune untuk penonton juga telah terpasang. Setelah sukses menggelar WSBK Indonesia 2021, Sirkuit Mandalika resmi jadi seri kedua dalam jadwal MotoGP 2022.

MotoGP 2022 akan berlangsung sebanyak 21 seri yang akan berlangsung mulai Maret hingga November. Dalam kalender MotoGP 2022 terdapat dua seri baru yaitu Indonesia dan Finlandia. Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia, akan menggelar seri kedua MotoGP musim depan pada 20 Maret 2022. (RL)