Jelang Lebaran, Tebus Barang di Pegadaian Meningkat

pegadaian
Sejumlah nasabah memenuhi kantor Pegadaian Cakranegara untuk menebus barang yang sudah digadai sebelumnya. (DEVI HANDAYANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM— PT. Pegadaian (Persero) Cakranegara mulai ramai melayani masyarakat khususnya nasabah untuk melayani tebus dan gadai barang pada pertengahan puasa hingga jelang lebaran Idhul Fitri mendatang. Sudah menjadi rutinitas sebagian warga masyarakat, barang yang mereka gadai sebelumnya, jelang lebaran Idhul Fitri ramai-ramai kemudian untuk ditebus kembali.

“Jumlah nasabah yang menebus barang gadaiannya seminggu ini sudah mulai ada terasa peningkatannya,” kata Kepala Cabang PT Pegadaian (persero) Cakranegara, Sarifatom Rubianti Sukadi, Senin (28/5).

Dikatakannya, setiap jelang lebaran Idhul Fitri biasanya lebih banyak masyarakat menebus barang dibandingkan dengan melakukan gadai. Saat ini di puasa Ramadhan untuk gadai barang mengalami penurun. Justru di puasa Ramadhan ini lebih banyak tebusan dibanding yang gadai. Hal ini bisa saja disebabkan, karena sudah menerima THR atau gaji 13, sehingga banyak yang nebus dan nantinya digunakan untuk perhiasan lebaran Idhul Fitri.

Dijelaskannya, saat ini menebusan barang gadai masih di dimonimasi oleh perhiasan emas mencapai 90 persen. Untuk barang elektronik seperti Hp dan laptop masih sedikit, karena banyaknya masyarakat belum mengetahui jika yang dapat digadai bukan hanya perhiasan saja, melainkan juga produk elektronik lainnya.