Imigrasi Lotim BelumBisa Layani TKI

SELONG—Kantor Unit Layanan Paspor Imigrasi Lotim dalam waktu dekat akan mulai beroperasi. Pihak Imgrasi Mataram kini sedang  mempersiapkan sejumlah fasilitas pelayanan. Lokasi kantor  Imgrasi Lotim ini tepat berada di deretan Ruko di samping simpang empat BRI Selong.

Terlihat berbagai fasilitas di kantor itu sudah tertata rapi. Mulai dari loket pelayanan, hingga deretan kursi sudah terpasang. Sementara sejumlah fasilitas pelayanan lainnya diupayakan akan segara dilengkapi.

Namun keberadaannya tidak diperuntukkan untuk melayani pembuatan paspor bagi warga Lotim yang akan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). “Yang kita layani hanya khusus pembuatan paspor kunjungan, dan umroh,” ungkap Kasi Wasdakin, Imigrasi Kelas I A Mataram, R Agung Wibowo, Rabu kemarin (9/11).

Diakui, kebaradaan unit pelayanan Imigrasi Lotim ini juga tak lepas karena  banyaknya masyarakat Lotim yang menjadi TKI. Tapi jika ada masyarakat Lotim yang datang untuk mengurus paspor TKI, untuk sementara ini belum bisa dilayani. Hal ini disebabkan karena pemerintah belum menyiapkan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP). “Untuk TKI, mereka tetap mengurus dokumennya ke Imigrasi Mataram,” ungkapnya.

Dijelaskan, syarat untuk bisa memberikan pelayanan pembuatan paspor untuk TKI, setidaknya pemerintah daerah harus menyiapkan LTSP di Lotim. Tapi jika pemerintah sudah menyiapkan LTSP itu, maka proses pengurusan dokumen para TKI bisa dilayani Imigrasi Lotim.

Inilah yang saat ini sedang dikoordinasikan dengan pihak pemerintah. Jika pemerintah menyatakan siap, mereka juga akan memberikan pelayanan bagi para TKI tersebut, khususnya TKI Lotim.

“Karena dalam SOP untuk TKI ini, pemerintah daerah diharuskan membuat LTSP tersendiri. Makanya kita sedang koordinasikan dengan pemerintah daerah, apakah akan dibuatkan LTSP-nya di Lotim?” lanjutnya.

Keberadaan Kantor Imigrasi Lotim, sebagai upaya Imigrasi Mataram untuk memperluas pelayanan. Hal ini sebagai bentuk untuk mendukung program yang dicanangkan pemerintah dalam untuk mempermudah prsoes pengurusn dokumen bagi masyarakat yang hendak berpergian keluar negeri.

‘’Insha Allah prediksi Desember beroperasi. Kita masih tunggu perangkat datang yang  sedang dikirim,” ungkapnya.

Jika semua fasilitas sudah lengkap, selanjutnya akan dilakukan peresmian. Keberadaan Kantor Imigrasi Lotim ini adalah untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat Lotim dan sekitarnya yang akan mengurus dokumen, seperti paspor. ”Sehingga masyarakat Lotim tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Mataram,” tutupnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid