CJH Lotim Sudah Lunasi BPIH

Ilustrasi CJH

SELONG—Calon Jemaah Haji (CJH) asal Lombok Timur (Lotim) yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji tahun ini mencapai 1000 lebih. Semuanya dipastikan telah tuntas melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Pernyataan itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Lotim H. Nasruddin. “Semua sudah lunas. Malah kalau bisa kita akan melakukan penambahan. Karena waktu tunggunya sampai 28 tahun,” ungkapnya Selasa kemarin (23/5).

Dikatakan, tahun sebelumnya para CJH Lotim diberangkatkan menjadi tiga kelompok terbang (Kloter). Namun setelah ada perubahan sistem, maka dari 1000 lebih CJH asal Lotim, nantinya mereka akan diberangkatkan menjadi dua Kloter.

Ini disebabkan karena pesawat yang akan digunakan untuk mengangkut mereka bobotnya lebih besar, dengan kapasitas penumpang mencapai 400 orang lebih. “Kalau tahun kemarin 320 orang tiga kali pemberangkatan, karena ditambah juga dengan Kloter campuran,” ungkapnya.

JCH Lotim yang berangkat tahun ini jumlahnya memang lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini karena ada penambahan kuota Haji yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi. “Memang secara nasional ada penambahan. Karena kita secara nasional ada 20 persen dikembalikan oleh Pemerintah Arab Saudi,” terangnya.

Dengan adanya penambahan kuota tersebut, kini kuota jemaah haji untuk NTB kembali seperti sebelumnya, yaitu sebanyak 4400 lebih. “Ketika sempat ada pemotongan, jatah NTB hanya 3.660 orang. Tapi sekarang sudah normal, dan akan dibagi menjadi 10 Kloter,” terangnya.

Adanya penambahan kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi, maka untuk Lotim sendiri rencananya akan dilakukan penambahan lagi. Mengingat daftar tunggunya sampai 28 tahun. Bahkan untuk saat ini katanya, daftar tunggu CJH Lotim jumlahnya sudah mencapai 45 ribu lebih.

“Karena kemarin kita juga dapat tambahan untuk CHJ yang sudah Lansia sekitar 70 orang. Sekarang untuk CJH yang sudah Lansia ini semakin berkurang. Karena yang sudah Lansia ini akan menjadi prioritas,” tutupnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid