Hidup Sehat dengan Young Living Essential

essensial-living
SOSIALISASI: Dorong Hidup Sehat Lewat Essential Oil Young Living bersama Oilovers Lombok.

MATARAM – Gaya hidup sehat sudah menjadi pilihan kebanyakan orang saat ini, apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19, seperti sekarang. Berbagai pilihan dilakukan berolahraga, menjaga pola makan, minuman herbal dan sebagainya. Seperti dilakukan salah satu komunitas Oilovers Lombok merubah gaya hidup sehat menggunakan essential oil.

Penggunaan essential oil sendiri secara rutin dapat membantu mengatasi kesehatan. Pada pengunaan rutin dapat mengurangi bioakumulasi atau penumpukan bahan-bahan kimia berhaya didalam tubuh manusia. Di mana mengurangi bioakumulasi bisa menjaga kondisi imun tubuh, agar tidak banyak tumpukan toksin. Untuk itu, Young Living Essential Oil mendorong kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kesehatan melalui kegiatan keterampilan.

Eskutif Leader Young Living Essential Oil, Pramita Febriani Dewi mengatakan kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk mengenalkan manfaat dari essential oil untuk kesehatan. Apalagi melihat antusiasi peserta yang ikut dalam kegiatan keterampilan cukup banyak.

“Komunitas kita terbuka buat siapa saja yang mau belajar menjaga kesehatan atau keterampilan. Sekaligus menggenalkan essential oil ini apa saja manfaatnya,” ujar Pramita Febriani Dewi, Sabtu (21/8).

Essential Oil sendiri merupakan senyawa hasil ekstrasi dari berbagai bagian tumbuhan, seperti kelopak bunga, biji, daun, kulit kayu hingga akar. Ekstrak tumbuhan ini melalui proses penyulingan atau distilasi uap untuk menghasilkan minyak yang wangi dan memiliki banyak manfaat.

“Essential oil itu konsetrat tanaman murni yang memang diperoleh dari proses distilasi uap, kemudian cold pres, sadap resin,” tuturnya. 

Penggunaan minyak atsiri untuk aromaterapi, bahkan kesehatan sebenarnya sudah banyak dilakukan sejak zaman dahulu. Namun memang belum banyak kesadaran masyarakat akan gaya hidup yang lebih sehat dan alami.

“Untuk menggenalkan ke masyarakat menjadi tantangan, karena ini menjadi sesuatu yang baru di Lombok terutama essential oil. Memang ini basisnya diluar negeri karena kita belum punya teknologi untuk membuat itu,” terangnya.

Diakui untuk kepada masyarakat banyak yang mengira essential oil sebagai wangi-wangian saja. Padahal mempunya manfaat bagus bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu komunitas Oilovers Lombok mengedukasi tentang essential oil dan wangi-wangian seperti apa karena keduanya berbeda.

“Sebenarnya essential oil adalah essen yang artinya intinya, inti sari dari tanaman itu. Jadi itu yang kita berusaha edukasi massal teman-teman bahwa ini bukan obat,” jelasnya. (dev)