Harlah Ansor ke-83 Tumbuhkan Ghirah Kader

HARLAH : Ketua PW GP ANSOR NTB, H Zamroni Aziz (kanan) dan ketua Panitia Harlah ke-83 Hery Widodo saat memberikan keterangan, Senin kemarin (3/4) (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Perayaan Hari Lahir (Harlah) Gerakan Pemuda (GP) Ansor ke-83 tahun ini cukup meriah dengan berbagai rangkaian acara.

Hal ini dilakukan untuk memupuk kembali semangat para kader   di provinsi NTB.

Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor NTB, H Zamroni Aziz menyampaikan, rangkaian kegiatan Harlah dilaksanakan mulai  Selasa (4/4). “Besok acara pembukaan oleh wakil gubernur di aula Kantor NU NTB dan acara puncaknya nanti tanggal 24 April,” terang Zamroni kepada Radar Lombok, Senin kemarin (3/4).

Pria yang juga Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) NTB ini menilai, saat ini ghirah kader muda Nahdhatul Ulama (NU) belum merata. Ada yang telah militan dalam barisan, namun banyak pula yang masih berceceran di berbagai tempat. “Kita ingin melalui Harlah ini semuanya bisa berkumpul. Kita tunjukkan bahwa para pemuda NU masih eksis menjaga kesatuan bangsa,” katanya.

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Ketua Panitia Harlah GP Ansor ke-83, Hery Widodo memaparkan, setelah acara pembukaan dilaksanakan,  maka dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pramuwisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4-7 April di Aula NU NTB.

Menurut Hery, GP Ansor menggandeng Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk melaksanakan pelatihan pramuwisata. Daerah NTB yang telah dideklarasikan sebagai tujuan wisata haruslah diimbangi dengan Sumber daya Manusia (SDM) yang memadai. “Pesertanya melibatkan seluruh OKP yang ada di NTB,” sebutnya.

Rangkaian  harlah selanjutnya yaitu penyelenggaraan orasi kebangsaan pada tanggal 12 April. Kapolda NTB, Brigjen Pol Firli dipastikan mengisi kegiatan tersebut di IAIN Mataram. Kondisi bangsa saat ini cukup mengkhawatirkan sehingga masyarakat harus diingatkan kembali bagaimana cara berbangsa dan bernegara yang baik.

GP Ansor NTB juga menggandeng Kementerian Pertanian untuk melaksanakan pelatihan Kewirausahaan. Kegiatan tersebut dijadwalkan pada tanggal 18-20 April. “Sebelum acara puncak, kita juga ada jalan sehat gratis berhadiah,” kata Hery.

Jalan sehat gratis tersebut bisa diikuti oleh seluruh masyarakat NTB tanpa memandang usia pada tanggal 22 April. GP Ansor telah menyediakan berbagai hadiah menarik seperti sepeda motor, televisi dan lain sebagainya. Kemudian pada hari yang sama, malamnya dilakukan istighosah di Kota Mataram.

Acara puncak harlah akan dilaksanakan pada tanggal 24 April di Ponpes Qur’aniyah, Desa Batu Kuta Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Dalam acara puncak tersebut, diadakan juga malam Inagurasi dan Ansor Award. “Kita akan berikan penghargaan kepada tokoh NTB yang kita anggap telah memberikan kontribusi besar selama ini,” ujar Hery.

Tokoh yang akan mendapat penghargaan, saat ini masih disusun. Mengingat, banyak sekali tokoh NTB yang memiliki kontribusi besar pada perkembangan Ansor. “Itu untuk menguatkan kembali semangat dan jati diri kita. Makanya tema Harlah kali ini yaotu Meneguhkan semangat kebangsaan, membawa khasanah Islam Nusantara untuk perdamaian dunia,” tutupnya. (zwr/*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid