Hari Ini, Presiden Buka MTQ di Mataram

MATARAM—Presiden RI, Joko Widodo hari ini dijadwalkan membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 di Islamic Center, Kota Mataram. Hal itu disampaikan salah seorang panitia pusat MTQ yang juga Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Fathurahman kepada Radar Lombok, Jum’at kemarin (29/7).

Jokowi akan tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) sekitar pukul 11.50 Wita. Kemudian dijadwalkan makan siang di salah satu rumah makan di Kota Mataram. “Setelah makan siang, pak Presiden lansung ke penginapan untuk istirhat,” terang Fathurahman.

Tempat penginapan Jokowi telah ditentukan di jalan Sriwijaya hotel Golden Palace. Disana, Jokowi akan disambut oleh Wakil Gubernur H Muhammad Amin, Walikota Mataram H Ahyar Abduh dan juga General Manajer Hotel.

Pada sore harinya, masih belum bisa dipastikan agenda Jokowi apakah akan membuka acara Konferensi Internasional Islam yang berlansung hari Sabtu sampai Senin di hotel Sentosa, Senggigi. “Makanya masih belum jelas ini, saya juga kurang tahu jadi tidaknya pak Jokowi hadiri acara pertemuan ulama itu,” kata Fathurahman.

Konferensi Islam akan dihadiri oleh 300 ulama besar dari seluruh penjuru dunia. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dan ditetapkan lokasinya di wilayah NTB. Para ulama tersebut sebanyak 212 ulama dalam negeri dan 88 ulama dari berbagai negara.

BACA JUGA :  Damri Buka Rute Baru Mataram- Aikmel- Pesugulan

Berbagai persoalan dunia islam akan dibahas, direncanakan juga aka nada Deklarasi Lombok pada konferensi tersebut. “Hasil dari pertemuan itu akan dinamakan Deklarasi Lombok, banyak hal yang dibahas seperti masalah radikalisme,” kata Fathurahman.

Untuk pembukaan MTQ sendiri dilaksanakan pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 Wita. Jokowi akan berangkat dari hotel ke Islamic Center pada pukul 19.30 Wita didampingi oleh ibu Negara, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dan Erica Majdi.

Setelah acara pembukaan MTQ selesai, Jokowi akan lansung balik dari NTB sekitar pukul 22.00 Wita. Itu artinya, Jokowi tidak akan menginap di hotel karena jadwalnya yang sangat padat. “Beliau gak nginap, akan lansung balik,” ujar Fathurahman.

Pada acara pembukaan, berbagai atraksi akan ditampilkan di depan Presiden. Diantaranya tari kolosal, permainan laser dan lain-lain. Artis papan atas seperti Bimbo dan Purwacaraka juga dipastikan tampil menghibur para kafilah dan undangan. (zwr)