HAN : Jokowi tak Hadir, JK Juga Belum Pasti

MATARAM- Puncak perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2016 tanggal 23 Juli mendatang akan dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Puncak HAN akan dipusatkan di Taman Sangkareang.

Informasi yang diterima panitia lokal dari Protokol Kepresidenan, Presiden Joko Widodo tidak bisa hadir. Ia digantikan oleh wakilnya, Jusuf Kalla.”Info dari protokoler kepresidenan, Presiden diwakili oleh Wapres,” ungkap Nyayu Ernawati selaku sekretaris panitia HAN kemarin.

Sayang, kehadiran Wapres juga belum pasti karena Wapres saja kembali ke Jakarta dari kunjungannya ke Sumbawa kemarin.

Yang bisa dipastikan hadir adalah para menteri seperti Menteri Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri PMK.

Setelah pembukaan FAN kemarin, peserta FAN mendapatkan banyak materi tenang anak. Materi tersebut berkaitan dengan pemenuhan hak tumbuh anak yang disampaikan oleh salah seorang deputi menteri. Ada juga penjelasan tentang semua yang berhubungan dengan anak-anak dari beberapa lembaga.

Selain itu, anak-anak juga mendapat edukasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Dimana dalam kesempatan ini anak-anak diberikan materi tentang bagaimana membangun karakter bangsa di era sains saat ini.

Usai mendapat semua materi, peserta melaksanakan Kongres Anak. Dimana dalam kongres ini semua masalah yang dihadapi oleh anak-anak dituangkan dalam satu tulisan yang nantinya itu akan menjadi Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan dilaksanakan untuk anak-anak Indonesia.

Setelah Kongres Anak selesai, semua peserta akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti kunjungan ke Rumah Pumulihan Gizi (RPG), kunjungan ke LPA Kota Mataram dan ke Panti Paramita Mataram.(ami)

BACA JUGA :  Anak Indonesia Tulis Surat untuk Presiden