Gubernur Klaim Pembangunan Sirkuit Mandalika Sesuai Jadwal

PEMBANGUNAN: Pembangunan lintasan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika masih berlangsung. Direncanakan sirkuit akan digunakan pada tahun 2021.(ist)

PRAYA-Pembangunan sirkuit balapa motor internasional MotoGP Mandalika berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah pembangunan sirkuit ini juga berjalan dengan jalan. Hal ini berkat kerja sama yang baik antar lembaga dan instansi pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, Pemerintah Kabupaten Loteng, TNI, Polri serta Kejaksaan yang turut serta membantu berbagai macam permasalahan yang muncul. ” Seperti yang dilihat, sinergi kami dengan TNI, Kepolisian dan Kejaksaan sangat baik, dan mudah-mudahan ini tetap kita pertahankan. Alhamdulillah, pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika hingga saat ini tetap berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan,” katanya belum lama ini.

Gubernur meminta seluruh pembangunan dalam rangka mensukseskan MotoGP 2021 harus tetap dilaksanakan dengan cepat. Menurut gubernur, perhelatan bergengsi seperti MotoGP tersebut tidak hanya dirasakan serta membawa nama baik NTB, tapi ini semua perhelatan internasional. “MotoGP ini harus sukses, ini semua demi nama baik bangsa kita tercinta,” ungkap gubernur dalam kesempatan yang lain.

Dalam pembangunan ini, gubernur mengingatkan bahwa kemaslahatan masyarakat harus diutamakan dalam setiap pembangunan. Dia tidak ingin dalam perhelatan MotoGP tersebut masyarakat NTB tidak merasakan apapun. “Apapun pembangunan yang dilakukan, kemaslahatan masyarkat harus kita utamakan,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa beberapa program pemerintah pusat sudah dilaksanakan di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk menunjang event MotoGP tahun depan. Salah satunya adalah program seribu sapi yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian beberapa waktu yang lalu. Gubernur memastikan bahwa MotoGP Mandalika ini dapat mendatangkan berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat NTB.

Sementara itu, Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta mengatakan Pemprov NTB telah menunjukkan keseriusannya dalam pembangunan sirkuit MotoGP ini. Ia menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov NTB yang telah melakukan kerja sama dengan baik bersama seluruh pihak dalam mensukseskan MotoGP tersebut.

Febry mengatakan, kedatangannya ke NTB dalam rangka pengawasan secara langsung progres pembangunan MotoGP mulai dari kesiapan jalan hingga bandara. Proses pembangunan, lanjutnya, harus tetap berjalan dengan baik. “Kami turun ke sini dalam rangka monitoring kesiapan MotoGP 2021, mulai dari kesiapan bandara hingga jalan,” ungkapnya.

Mengenai dampak sosial, Febry sepakat dengan gubernur. Ia mengatakan, dalam proses pembangun, koordinasi dengan masyarakat harus tetap dilakukan. Febry tidak ingin konstruksi berjalan sukses namun masalah sosial tidak dijalankan dengan baik. “Kami setuju, tidak boleh ada masyarakat yang dirugikan,” katanya.

Ia berpesan kepada pengelola dalam hal ini PT ITDC untuk memprioritaskan masyarakat dan memperhatikan produk-produk lokal, sehingga keberadaan Mandalika dan event MotoGP di sana benar-benar memberikan kontribusi bagi masyarakat. “Catatan kami, kepentingan masyarakat harus diutamakan, masyarakat harus diberi ruang lebih dalam usaha,” tegasnya. (hms/sal)