Enam Perpustakaan Desa di Lotim Dapat Bantuan Komputer

SELONG–Sebanyak enam Perpusatakaan Desa (Perpusdes) di Lombok Timur (Lotim) mendapatkn bantuan masing-masing tiga unit komputer dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI). Bantuan diberikan melalui Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (Padok) Lotim, L Taufikuurahman Ssos, kepada para kepala desa penerima, Selasa (3/5) kemarin.

Keenam Perpusdes yang mendapat bantuan perangkat komputer tersebut adalah  Desa Sugian, kecamatan Sambelia Labuhan Lombok Pringgabaya, Anjani, Suralaga, Rempung Pringgasela, Bungtiang Sakra Barat dan Suradadi Terara. Keenam perpusdes yang mendapatkan bantuan stimulan ini merupakan Replikasi program Perpuseru.

Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (Padok) Lotim, Taufikurrahman SSos mengatakan, program ini bertujuan bagi upaya pengembangan perpustakaan desa berbasis IT. Dengan begitu, desa bersangkutan dapat menjadi pusat kegiatan dan belajar masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Dengan adanya sarana IT ini diharapkan dapat menjadi pelengkap dari koleksi buku-buku yang sudah ada di setiap Perpusdes,” kata Taufikurrahman.

Ia juga mengatakan, bantuan ini sebagai nilai tambah untuk sarana belajar. Mengingat perkembangan zaman yang menuntut setiap orang mampu menguasai komputer dalam menyelasaikan tugas/pekerjaan sehari-hari.

Diharapkan kedepan semua perpustakaan desa di Lombok Timur mulai terinspirasi dan berinisiatif dalam memanfaatkan sarana teknologi informasi (komputer dan internet) untuk pemberdayaan peran perpustakaan desa sbagai lembaga pendidikan sepanjang hayat. (lal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid