Dukung MotoGP, HBK PEDULI Bangun Poskamling di Titik Rawan

POS PENGAMANAN: Mendukung gelaran MotoGP di KEK Mandalika, HBK PEDULI membangun pos pengamanan di titik-titik rawan kriminalitas di wilayah Loteng. (ist for radarlombok.co.id)

PRAYA—Kerjasama dengan Pam Swakarsa Gagak Hitam, dan Kepala Desa Kidang serta Kepala Desa Sukadamai, Yayasan Haji Bambang Kristiono (HBK) PEDULI membangun Pos Keamanan di perbatasan Desa Kidang dan Desa Marong, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut Tenaga Ahli HBK wilayah Lombok Tengah, sekaligus Koordinator HBK Peduli Kabupaten Loteng, M. Taufiq Syamsuri, HBK adalah figur yang sangat peduli terhadap kondisi keamanan masyarakat. Sehingga titik rawan terjadinya tindakan-tindakan kriminal, kemudian dibangunkan Pos Keamanan.

“Beberapa minggu yang lalu kita diperintahkan Pak HBK terkait titik rawan di bagian timur selatan. Jadi solusinya dibuatkan Pos Siskamling bekerjasama dengan Pam Swakarsa Gagak Hitam,” kata Taufik, Selasa (2/3/2021).

Saat ini pembangunan telah mencapai 75 persen, dan pembangunan tersebut juga membuat warga sangat antusias. “Sudah mencapai 75 persen atas hasil gotong royong semua pihak. Warga sangat antusias dengan adanya pembangunan pos keamanan ini,” ujar Taufik.

Selain membangun pos keamanan, di lokasi juga nantinya akan dipasang lampu penerangan jalan umum (PJU). Sehingga kondisi yang sebelumnya gelap dan rawan, nantinya akan berubah menjadi terang dan aman. “Juga akan dilakukan pemasangan PJU di setiap pos keamanan yang dibangun,” imbuhnya.

Disampaikan, pembangunan akan dilakukan di 30 titik yang dinilai rawan di Loteng, masing-masing 15 titik di Loteng bagian utara, dan 15 titik di bagian selatan, dari seluruh 120 titik yang akan dibangun dan tersebar di pulau Lombok.

Pembangunan 15 titik JPU untuk Loteng bagian selatan akan diprioritaskan di empat kecamatan, masing-masing adalah Kecamatan Pujut, Kecamatan Praya Timur, Kecamatan Praya Barat, dan Kecamatan Praya Barat Daya. “Nanti di 15 titik Loteng bagian selatan ini akan kita pasang masing-masing satu PJU. Sehingga akan membuat titik yang rawan tindak kriminal menjadi terang,” ujarnya.

Pembangunan pos keamanan tersebut, sekaligus menjadi salah satu ikhtiar HBK PEDULI untuk mendukung KEK Mandalika dan MotoGP Mandalika. Nantinya KEK Mandalika akan menjadi lokasi kunjungan favorit wisatawan asing, sehingga faktor keamanan harus menjadi prioritas.

“Tentunya ini sebagai salah satu ikhtiar kita bersama dalam mendukung KEK Mandalika. Keamanan daerah harus menjadi prioritas untuk menjamin setiap kegiatan di sana terlaksana dengan aman,” tukas Taufiq.

Sementara itu, Anggota DPR RI Dapil NTB-II/Pulau Lombok, HBK ketika dikonfirmasi terkait bantuan pembangunan pos keamanan itu, mengatakan, Rabu besok (hari ini), akan dilakukan penyerahan dana oleh HBK PEDULI untuk pembangunan pos keamanan yang diwakili oleh Ketua HBK Peduli NTB, Ali Ustman Ahim kepada pimpinan Pam Swakarsa Gagak Hitam. “Besok pagi akan dilakukan penyerahan dana bantuan untuk pembangunan pos keamanan disana, melalui Ketua HBK PEDULI NTB, saudara Ali Ustman Ahim,” kata HBK.

Dia juga mengatakan, proyek strategis nasional KEK Mandalika harus didukung dengan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Soal keamanan, tidak hanya dilakukan oleh aparat, namun juga butuh sinergi dengan masyarakat.

“Program strategis nasional KEK Mandalika membutuhkan sinergi semua pihak untuk menjaga kondusivitas keamanan wilayahnya. Untuk itu masyarakat juga harus diberikan peran dalam menjaga keamanan,” ujarnya.

Salah satu cara menjaga keamanan ini kata HBK, yaitu dengan memberikan kesempatan kepada warga untuk menjaga kampung mereka sendiri. Apalagi, wilayah di sana sangat dekat dengan KEK Mandalika. “Salah satunya dengan membangun pos keamanan, agar secara rutin masyarakat dapat menjaga kampungnya sendiri. Sehingga tidak lagi menjadi rawan tindak kriminal,” sambungnya.

HBK juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bergotong royong dalam membangun pos keamanan di beberapa titik yang dinilai rawan. “Terimakasih untuk semua Kepala Desa, para warga, Pam Swakarsa Gagak Hitam dan pihak-pihak lainnya yang telah bergotong royong dalam membangun pos keamanan desa ini,” ucap pria yang dijuluki Samurai Prabowo ini. (met)