Operasi Patuh Gatarin: Ditilang, Pengendara akan Disidang

SELONG—Hari ketiga pelaksanaan Operasi  Patuh Gatarin 2016 ratusan pengendara  baik roda dua maupun roda empat terjaring razia oleh petugas. Para pengendara ditilang  karena melakukan berbagai jenis pelanggaran. Pengendara yang ditilang  diharuskan untuk mengikuti siding.

Kanit Bin Ops Lantas Polres Lotim, Iptu I Ketut Parka mengatakan, pelaksanaan operasi dilakukan mulai dari pagi bahkan sore hari. Lokasi operasi  menyebar di sejumlah titik jalan raya. Baik itu di sekitar kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) maupun di luar itu. Dalam operasi ini berbagai jenis pelanggaran akan ditindak. Mulai dari pelanggaran kecil maupun pelanggaran berat.  Jika terbukti pengendara tersebut  akan langsung  ditilang. Proses selanjutnya akan dilakukan sidang.

"Kendaraan yang ditilang, Jum’at mulai disidang," terang Parka, Rabu (18/5).

Selama operasi berjalan,  jelasnya, hampir seribu kendaraan yang ditindak dengan berbagai jenis pelanggaran. Di hari pertama, sebanyak  403 kendaraan  yang ditindak. Sementara  di hari kedua diperkirakan sekitar 500 pengendara juga dilakukan penindakan. Pelanggaran itu sejauh ini didominasi pelanggaran  helm kemudian  tidak membawa STNK,  SIM, dan kelengakapan kendaraan  serta pelanggaran melawan arus.

Dipertegas, apapun  jenis pelanggaran  pihaknya akan mengambil tindakan tegas, karena itu dianggap sebagai pelanggaran kepatuhan dalam berlalu lintas. Operasi ini juga lanjutnya, menyasar pengendara yang menggunakan knalpot bising. Penertiban jenis ini lantaran mengingat kian dekatnya bulan suci Ramadan.

Untuk pelanggaran jenis yang satu ini, pihaknya menyebutkan akan mengambil tindakan mencopot dan memusnahkannya ditempat. Pihaknya tidka ingin suasana bulan Suci Ramadan terganggu gara-gara knalpot bising.

"Supaya masyarakat jangan terganggu disaat melaksanakan ibadah di bulan puasa," tegasnya.

Sampai operasi nanti berakhir, Satlntas bekerjasama dengan sejumlah satuan baik yang ada di kepolisian maupun dinas pemerintah. Bahkan operasi ini juga melibatkan anggota Provam. Keberadaan Provam, ditugaskan untuk melakukan pengawasan selama operasi digelar. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid