Dishub Rencanakan Perbaikan Dermaga Senggigi

DERMAGA SENGGIGI: Kondisi dermaga Senggigi yang akan dilakukan perbaikan oleh Dishub Lombok Barat. (Radar Lombok)

GIRI MENANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat berencana melakukan perbaikan dermaga Senggigi yang sudah hampir dua tahun mangkrak. Rencana perbaikan dermaga ini, sebagai persiapan untuk menyambut rute kapal cepat Bali-Senggigi.

Kepala Dinas Perhubungan Lombok Barat H. M Najib, menjelaskan, perbaikan dermaga Senggigi akan menjadi prioritas. Saat ini sudah dalam perencanaan. Menurutnya, perbaikan yang akan dilakukan tidak terlalu banyak, karena sebagian sudah selesai dibangun.”Dermaga Senggigi akan kita perbaiki, sedang dalam perencanaan,” paparnya.

Sebab pembukaan rute jalur jalur laut Bali-Senggigi sangat bergantung pada keberadaan dermaga Senggigi. Najib yakin, pembukaan rute baru itu akan berdampak besar terhadap kemajuan sektor pariwisata Lobar. Kunjungan ke Senggigi dan beberapa wisata lainnya akan meningkat drastis.”Kalau ini terealisasi, pasti akan berdampak terhadap pariwisata Lombok Barat,” tegasnya.

BACA JUGA :  Rawan Longsor, Warga Kekait dan Guntur Macan Harus Waspada

Tetapi, sampai saat ini, belum bisa dipastikan kapan rute tersebut mulai beroperasi. Najib mengatakan, pemerintah daerah juga menunggu kesiapan kapal cepat yang melayani penyeberangan rute tersebut.”Kita belum tahu pastinya kapan, kita masih menunggu,“ ungkapnya.

Selain menunggu kepastian, juga pihaknya mengatakan ada beberapa administrasi yang harus dirampungkan. Karena itu, Dishub akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Menurut Najib, pengoperasian rute tersebut perlu dipercepat. Sebab, ada banyak event skala internasional di Lombok pada tahun-tahun ini. Tentu, banyak wisawatan yang akan datang. “Kita berharap bisa secepatnya, karena banyak event yang akan digelar,” harapnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten  Lombok Barat berencana untuk membuka rute laut dari Nusa Dua (Bali) – Gili Gede – Lembar – Senggigi atau Nusa Penida – Gili Gede – Senggigi. Hal ini dikatakan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat pertemuan dengan beberapa pelaku usaha pariwisata belum lama ini. “Kita semua rencananya akan membuka rute laut dari Nusa Dua (Bali) – Gili Gede – Lembar – Senggigi atau Nusa Penida – Gili Gede – Senggigi,” ungkap bupati.

BACA JUGA :  Mayat Ditemukan Mengapung di Sungai

Fauzan mengaku rencana pembukaan rute laut baru untuk wisatawan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Lobar.” Mudah-mudahan usaha-usaha semacam ini lancar dan kami sendiri di Lombok Barat terus berkreasiberkreasi, beinovasi supaya Senggigi ini lebih tertata lagi,” kata bupati.(ami)