Dinas Pariwisata Mataram Siapkan Cidomo Jadi Paket Wisata

Ilustrasi Cidomo
Ilustrasi Cidomo (prelo.co.id)

MATARAM — Dinas Pariwisata Kota Mataram menawarkan paket wisata dengan transportasi cidomo kepada para wisatawan. Menjelang pelaksanana kegiatan MNEK 2018 ini Dinas Pariwisata Kota Mataram mencoba untuk memberikan perjalanan wisata menggunakan cidomo untuk ketempat-tempat wisata yang ada.

“Cidomo ini nanti menjadi fasilitas studi tour dan kita sudah data berapa yang akan digunakan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Adbul Latif, Kamis kemarin (3/5).

Dikatakannya, tidak hanya cidomo saja yang dierpsiapkan untuk angkutan alat transport bagi wisatawan, khususnya peserta MNEK yang dilaksanakan beberapa hari kedepan di Kota Mataram, tetapi juga dari segi sumber daya manusianya.

Untuk menjadi alat transportasi wisata, maka harus layak dan bagus. Karena itu digunakan sebagai kendaran mengantar para wisatawan ketempat obyek destinasi di sejumlah tiitk di Kota Mataram. Bakan, kusirnya juga harus dilatih dengan benar, karena urusannya dengan binatang.

Jadi kalau kusirnya tidak bisa mengendalikan kudanya, nanti itu bisa jadi bahaya bagi penumpang. Untuk itu kusirnya juga harus di beri latihan. jika kebanyakan saat ini cidomo digunakan sebagai pengangkut bahan-bahan dapur dan juga ikan, maka harus dijaga kebersihannya, agar para wisatawan, kalau ingin mengunakannya tidak mencium bau-bau yang tak enak.